Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Kanker Resahkan Kampung Sukoharjo

05 Oktober 2018, 19: 10: 59 WIB | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

SUKOHARJO – Warga RT 1 RW 1 Kampung/Kelurahan Sukoharjo berharap dinas kesehatan memeriksa kualitas kesehatan penduduk setempat. Sebab, sudah ada lima orang yang terjangkiti kanker.

Salah seorang warga setempat Bimo Kokor Wijanarko menuturkan, ada beberapa penderita kanker yang sudah meninggal. Salah satunya adalah istri rekannya yang bernama Agus menderita kanker serviks. Saat ini ibunda Kokor juga menderita kanker. 

”Melihat banyaknya penderita sampai lima orang, kalau bisa ada pendataan sekaligus pengecekan lingkungan agar warga juga tahu penyebab penyakit tersebut,” ujarnya, Kamis (4/10).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati menyatakan kesiapannya untuk melakukan cek lapangan dengan mendatangi langsung pasien.

”Kita akan cek dulu di mana alamat pastinya dan bagaimana kasusnya. Semua laporan dari masyarakat akan diterima dan ditindaklanjuti. Hal tersebut sebagai salah satu bentuk pelayanan dari dinas kesehatan,” bebernya.

Di sisi lain, DKK kerap melakukan sosialisasi tentang penyebab penyakit kanker dan cara pencegahannya. ”Sampai bagaimana nanti melakukan terapi untuk para pasien,” jelas Yunia. Jenis kanker yang disosialisasikan yakni kanker leher rahim dan payudara pada perempuan. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia