Kamis, 18 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

SMA Islam Diponegoro Surakarta Kirim Siswi Ke Jepang

Sabtu, 06 Oct 2018 13:42 | editor : Perdana

TERPILIH: Raja Camelia Sihombing, siswa SMA Islam Diponegoro Solo yang akan dikirim ke Jepang.

TERPILIH: Raja Camelia Sihombing, siswa SMA Islam Diponegoro Solo yang akan dikirim ke Jepang.

SOLO – SMA Islam Diponegoro Surakarta mengirim Raja Camelia Sihombing ke Jepang. Siswi kelas 11 IPA ini menjalani program pertukaran pelajar Indonesia-Jepang. Hasil kerja sama antara SMA Islam Diponegoro dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

”Raja akan berada di Jepang selama 12 hari,” ungkap Kepala Sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta, Ahmadi kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (5/10).

Selama di Negeri Sakura, Raja belajar dan mendapat referensi tentang Jepang. terutama kedisiplinan, ketepatan waktu, kebudayaan Jepang, dan sebagainya. Raja juga mengenalkan budaya Indonesia. Terutama sebagai muslim yang mengusung kebudayaan timur.

Tujuan SMA Islam Diponegoro mengirim Raja ke Jepang, menurut Ahmadi, menjadikan sekolah mampu bersaing di era global. ”Artinya, kami ingin mengembangkan siswa agar bisa mengikuti event baik di skala lokal, nasional, maupun internasional,” sambungnya.

Ahmadi menambahkan, dalam prestasi bidang akademik maupun kompetensi, Raja memang memiliki track record yang cukup bagus. Raja sering mengikuti berbagai perlombaan bahasa Inggris.

Peminat untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang ini, cukup tinggi. Tercatat ada 30 siswa yang mendaftar. Tetapi karena harus ada izin orang tua sebagai salah satu persyaratannya, maka tinggal 11 siswa saja yang ikut seleksi.

”Dua siswa kemudian mengundurkan diri. Dari sembilan siswa yang mengikuti audisi lanjutan, hanya Raja yang terpilih. Dan awal Oktober 2018 berangkat ke Jepang,” tandas Ahmadi. (septs

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia