Senin, 17 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Desa Segoro Gunung Sabet Juara Nasional Penggerak Desa Hatinya PKK

08 Oktober 2018, 14: 24: 35 WIB | editor : Perdana

Foto : Ketua PKK Jawa Tengah Atiqoh Ganjar Pranowo (Kiri) bersama Ketua PKK Karanganyar Siti Komsiah (dua dari kiri) saat berfoto bareng dalam puncak acara puncak peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 46 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2018.

Foto : Ketua PKK Jawa Tengah Atiqoh Ganjar Pranowo (Kiri) bersama Ketua PKK Karanganyar Siti Komsiah (dua dari kiri) saat berfoto bareng dalam puncak acara puncak peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 46 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2018.

KARANGANYAR – Setelah dilakukan proses terhadap penilaian dan peninjuan langsung terhadap desa Segoro Gunung, Ngargoyoso, Karanganyar sebagai salah satu desa pemanfaatan Pekarangan atau disebut dengan Hatinya – PKK. Segoro Gunung akhirnya berhasil meraih penghargaan tingkat nasional.

Penghargaan diterima langsung oleh ketua PKK Karanganyar Ibu Siti Khomsiah dan Ketua PKK Jawa Tengah Atiqoh Ganjar Pranowo, yang diserahkan langsung ketua PKK Pusat yang sekaligus istri dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Erni Guntari. Pada saat puncak peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 46 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2018, yang bertempat di hotel Mercure Ancol.

“Alkhamdulillah, berkat kegigihan teman – teman PKK yang terus bergerak untuk masyarakat, Segoro Gunung akhirnya dapat juga meraik penghargaan nasional dari PKK Pusat terkait dengan program pemanfaatan Pekarangan atau disebut dengan Hatinya – PKK,” kata Siti Khomsiah, saat bertemu dengan Radar Karanganyar Senin (8/10).

Menurut Siti Khomsiah yang juga istri dari Bupati Karanganyar Juliyatmono, mengungkapkan, Wilayah Segoro Gunung, dipilih oleh pengurus PKK Karanganyar, lantaran sebelumnya melihat bahwa PKK di wilayah tersebut saat ini berkembang dan mampu untuk menopang kebutuhan hidup mereka dengan mengoptimalkan lahan pekarangan mereka sebagai lahan untuk pertanian atau perkebunan.

Dengan adanya penghargaan tersebut, pihaknya bakal melakukan pengembangan terhadap PKK yang ada di Karanganyar. Tidak ada yang ada di Desa Segoro Gunung saja, akan tetapi beberapa desa juga bakal dientuk seperti Segoro Gunung.

“Hatinya PKK yang ada di Desa tersebut saat ini sudah berjalan, dimana disana ada yang namanya Kelompok Wanita Tani (KWT), dimana dalam kelompok tersebut anggota – anggota penggerak PKK mengoptimalkan potensi pekarangan sebagai lahan untuk opertanian dan pekerbunan, kita nanti akan kembangkan untuk wilayah lain,” kata Siti Khomsiah.

Sementara itu diketahui sebelumnya, ketua bidang 3 TP PKK Pusat Johan Susmono, dalam kunjungannya ke Desa Segoro Gunung, mengungkapkan ada beberapa kriteria penilaian dalam verifikasi tersebut. Namun, Johan mengaku, bahwa verifikasi tersebut yang terpenting yakni adalan pemanfaatan pekarangan yang dikelola langsung oleh PKK yang ada di desa ataupun Kabupaten.

“Lomba ini akan menjadi motofiasi bagi masyarakat karena PKK saya yakin akan bergerak demi kepentingan bersama, dan membangun masyarakat yang lebih baik,” kata Johan. (Rud)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia