Jumat, 19 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Bawaslu Boyolali Libatkan Pramuka Untuk Mengawasi Pemilu

Senin, 08 Oct 2018 16:15 | editor : Perdana

BINTEK: Bintek yang digelar Bawaslu Boyolali, Sabtu (6/10).

BINTEK: Bintek yang digelar Bawaslu Boyolali, Sabtu (6/10).

BOYOLALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali terus berupaya mewujudkan pesta demokrasi yang bermartabat. Khususnya pada Pemilu 2019 mendatang. Salah satunya dengan melibatkan pengawas partisipatif masyarakat dan anggota Pramuka.

Sebelum terjun melakukan pengawasan, mereka mendapat pembekalan dari Bawaslu. Berupa bimbingan teknis (Bintek), Sabtu (6/10). Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Boyolali, Widodo mengatakan, bintek menghadirkan Pemimpin Redaksi (Pimred) Jawa Pos Radar Solo, M. Shidiq.

”Harapannya masyarakat dan anggota pramuka tertarik menjadi pengawas pemilu. Agar pemilu berjalan sesuai asas Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) serta Jurdil (jujur dan adil),” kata Widodo kepada Jawa Pos Radar Solo, Minggu (7/10).

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendorong partisipasi publik dan mampu membentuk karakter kesadaran politik bagi masyarakat. Menurutnya, semua elemen masyarakat dapat berkontribusi dalam pemilihan sesuai tugas dan fungsinya. ”Masyarakat harus berani melaporkan ke pengawas pemilu. Mana kala ada indikasi tindakan pelanggaran pemilu,” imbuh Widodo.

Widodo juga mengapresiasi anggota Pramuka yang berkomitmen mengawal pelaksanaan pesta demokrasi. Itu terbukti, para anggota Pramuka yang hadir langsung membentuk komunitas Pramuka pengawas pemilu.

Bahkan untuk memudahkan koordinasi dan pelaporan, komunitas ini langsung membuat grup WhatsApp. ”Dengan media jejaring ini, dapat memudahkan para anggota dan Bawaslu untuk berkoordinasi,” tandas Widodo. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia