Senin, 17 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Relawan Susuri Hilir Sungai Pusur

08 Oktober 2018, 22: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Proses Identifikasi hilir Sungai Pusur, Kecamatan Juwiring (6/10)

Proses Identifikasi hilir Sungai Pusur, Kecamatan Juwiring (6/10)

KLATEN – Kondisi hilir Sungai Pusur di Kecamatan Juwiring jadi fokus identifikasi komunitas peduli sungai. Melalui susur sungai yang terbagi dalam sembilan tim, Sabtu (6/10). Setiap tim terdiri dari sembilan orang. Melakukan pendataan secara detail.

Susur sungai dimulai dari aliran Desa Bulurejo-Desa Juwiring-Keniban-Bolopleret-Serenan-Tanjung. Berakhir di bagian hilir, tepatnya di titik terakhir menuju Sungai Bengawan Solo.

”Melibatkan sejumlah unsur. Mulai dari masyarakat, relawan, perangkat desa, hingga muspika. Fokus utama kami mengidentifikasi kondisi Sungai Pusur bagian hilir,” jelas Camat Juwiring, Herlambang Jaka Santoso kepada Jawa Pos Radar Solo.

Tujuan susur sungai ini, untuk mengetahui saluran air, sedimentasi, hingga ekosistem yang ada. Diakuinya, hilir Sungai Pusur dipenuhi tumpukan sampah. Hasilnya, menjadi acuan dalam mengatasi permasalahan sampah itu.

Guna mengurai permasalahan, perlu kepedulian dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, relawan, hingga pemerintah. Terutama kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai.

”Kami akui bawah kondisi sungai di bagian hilir secara umum mengalami sedimentasi. Pembentukannya berasal dari tumpukan sampah. Padahal keberadaan sungai ini untuk irigasi,” sesalnya.

Ketua Komunitas Pusur Institut, Aris Wardoyo menambahkan, bagian hulu hingga tengah saat ini sudah terkelola dengan baik. Bagian tengah alirannya sudah dimanfaatkan sebagai wisata. ”Bagian hilir memperhatinkan. Banyak sedimen sampah. Terutama sampah rumah tangga,” bebernya.

Proses pengambilan data ini untuk mengetahu kondisi sungai di bagian hilir. Karena untuk hilir ini masih butuh perbaikan. ”Nanti hasilnya akan kami serahkan ke pihak berwenang. Lalu kami bahas bersama dengan pemerintah terkait tindakan lanjutan,” tandas Aris. (ren/fer

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia