Sabtu, 20 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Mahasiswa UMS Raih Medali Perak Di 4th Asian Pencak Silat Championship

Selasa, 09 Oct 2018 13:25 | editor : Perdana

MEMBANGGAKAN: Dela Kusumawati saat menjadi juara kedua di ajang Invitation 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 di India.

MEMBANGGAKAN: Dela Kusumawati saat menjadi juara kedua di ajang Invitation 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 di India.

SOLO – Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Di ajang Invitation 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 di India (30-9-4/10), mahasiswi kampus ini, Dela Kusumawati sukses pulang ke Kota Solo dengan kalunganmedali perak. 

Dela membuktikan kemampuannya untuk bersaing di tingkat internasional. Sebelumnya, Dela menjuarai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 di Makassar. Inilah yang membuat Dela memegang tiket otomatis bertanding di ajang internasional tersebut.

Dela berhasil menyingkirkan lawan-lawan kuat. Di babak penyisihan, Dela mengalahkan pesilat dari Malaysia, yang tahun lalu menjuarai Sea Games 2017. Sementara di babak semifinal, Dela berhasil menaklukan pesilat asal tuan rumah, India.

”Nah, di babak puncak aku kehilangan poin setelah bertarung sengit dengan pesilat asal Vietnam,” kata Dela kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Dela mengaku perolehan tersebut merupakan hasil latihan rutin yang dilakukannya. Mulai dari sebelum dan sesudah pemanggulan atlet daru PB IPSI terkait kejuaraan di India. Ditambah dengan program Minat Bakat Olahraga (MBO) Pencak Silat yang ada di POR FKIP UMS.

”Latihan sudah terprogram dan terjadwal dengan baik. Medali perak ini sudah sesuai target,” sambungnya.

Kaprodi POR FKIP UMS, Nur Subekti mengapresiasi hasil prestasi yang diperoleh Dela. Menurutnya, ini merupakan bukti bahwa mahasiswa POR FKIP UMS mampu bersaing dengan mahasiswa pendidikan olahraga di universitas lain.

”Kami juga mengapresiasi hasil medali perak tersebut melalui bagian kemahasiswaan UMS dengan memberikan reward atau penghargaan berbentuk insentif. Juga memberi tambahan nilai dalam mata kuliah yang ada di prodi POR FKIP UMS,” tandasnya. (aya/nik)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia