Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Features

B.R.M. Kusumo Putro, Kolektor Lukisan Berkarakter Kuat 

09 Oktober 2018, 14: 35: 18 WIB | editor : Perdana

KELANGENAN: B.R.M. Kusumo Putro di depan koleksi lukisannya. 

KELANGENAN: B.R.M. Kusumo Putro di depan koleksi lukisannya. 

SOLO – Hobi menyangkut kepuasan hati. Seperti yang ditekuni B.R.M. Kusumo Putro dengan mengumpulkan lukisan dengan objek Nyai Roro Kidul.

"Ini lukisan Nyai Roro Kidul menggunakan baju kebesarannya,” ujar Kusumo menunjukkan salah satu lukisan koleksinya.

Objek lukisan berukuran cukup besar itu menggamar sosok perempuan menggunakan kemben atau pakaian tradisional yang biasa dipakai perempuan Jawa berwarna hijau. Background warna biru muda menjadikan lukisan tersebut kian berkarakter. 

Pria yang juga ketua lembaga pemerhati dan penyelamat seni budaya Indonesia itu mengatakan, sejak akhir 2017, dirinya sudah mengoleksi lukisan Nyai Roro Kidul sebanyak 14 buah. Targetnya, hingga akhir 2019 bisa terkumpul lebih dari 50 lukisan.

"Saya meminta tiga orang pelukis untuk melukisnya. Semua alat-alat lukis dari saya,” terangnya. Sedangkan untuk objeknya,  Kusumo yang menentukan. 

"Jadi lama juga terkumpulnya (lukisan, Red). Soalnya, mereka (pelukis,Red) ini menggambar sesuai pemikiran saya. Tidak bisa seenaknya," ungkap dia.

Ditambahkan Kusumo, dirinya menginginkan lukisan Nyai Roro Kidul yang mengenakan kemben warna putih dengan selendang warna kuning. Tapi, hingga sekarang belum terwujud. (sct/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia