Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Evakuasi Kebakaran Lawu, Pendaki Lansia di Tandu

09 Oktober 2018, 16: 50: 59 WIB | editor : Perdana

SELAMAT: Proses evakuasi terhadap pendaki usai turun dari jalur pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu

SELAMAT: Proses evakuasi terhadap pendaki usai turun dari jalur pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu (SAR KARANGANYAR FOR RASO)

KARANGANYAR – Tim gabungan melakukan proses evakuasi terhadap salah satu pendaki di Gunung Lawu, Minggu (7/10), melalui jalur pendakian Cemoro Kandang

Proses evakuasi ini dilakukan oleh relawan Karanganyar, yang terdiri dari Anak Gunung Lawu, Satgas Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga dibantu oleh sejumlah anggota dari jajaran Polri dan TNI.

Sebelumnya memang ada laporan kebakaran di jalur pendakian Cemoro Kandang. melihat kondisi ini sejumlah pendaki yang saat itu masih berada di jalur pendakian, akhirnya bergegas turun.

Satu pendaki asal Kabupaten Blora, diketahui terpaksa turun dengan kondisi harus ditandu. Hal ini lantaran dirinya mengalami lemas dan tidak kuat untuk berjalan kaki. Salah satu kendalanya selain kondisi fisik yang menurun adalah dikarenakan usia pendaki tersebut yang memang sudah lanjut usia.

“Pendakinya sudah tua, beliau juga mengaku sudah tidak kuat jalan lagi. Saat dievakuasi pendaki tersebut juga tidak membawa pakaian penghangat apapun,” kata Rosid, salah satu anggota SAR Karanganyar kepada Jawa Pos Radar Solo usai melakukan proses evakuasi.

Dirinya menceritakan bahwa dalam pendakian tersebut tidak hanya satu orang yang dievakuasi. Tercatat ratusan pendaki  di jalur Cemoro Kandang ikut dievakuasi. Para pendaki ini dipaksa turun, karena adanya kebakaran di sekitar jalur tersebut, yang dikawatirkan bisa memakan korban.

”Kalau yang orang Blora itu ada sekitar rombongan 21 orang. Sebelum rombongan ini ada ratusan pendaki yang kita minta untuk turun,” terang Rosid.

Sementara itu Kapolsek Tawangmangu Iptu Ismugiyanto mengungkapkan sejumlah pendaki sudah mulai turun ke lokasi aman. ”Sudah mulai turun dan satu yang dievakuasi sudah di tangani teman-teman PMI,” ucap Kapolsek. (rud/nik)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia