Jumat, 19 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Elpiji Bocor, Dapur Ludes Terbakar

Selasa, 09 Oct 2018 18:34 | editor : Perdana

MASIH MEMBARA: Kebakaran di Desa Tempurharjo, Kecamatan Eromoko yang menghanguskan dapur warga setempat kemarin (8/10).

MASIH MEMBARA: Kebakaran di Desa Tempurharjo, Kecamatan Eromoko yang menghanguskan dapur warga setempat kemarin (8/10). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Dapur rumah Tumikem, 60, warga Dusun Ngargosari RT 02 RW 03, Desa Tempurharjo, Kecamatan Eromoko hanya menyisakan puing bangunan setelah terbakar, Senin (8/10). Satu orang mengalami luka-luka saat membantu memadamkan api.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.00 tersebut diduga akibat elpiji untuk memasak bocor. Melihat api berkobar di dapur, Tumikem berteriak meminta tolong. Para tetangga segera menyemut untuk memadamkan api dengan alat sederhana.

Nahas, satu orang malah terjatuh saat berusaha padamkan api. “Sudah dibawa ke rumah sakit. Identitasnya saya belum tahu,” terang Camat Eromoko Danang Erawanto.

Akibat kejadian itu, Tumikem menderita kerugian materi sekitar Rp 4 juta, alat dapur hangus, dan gabah sebanyak 15 karung turut terbakar. 

Di hari yang sama, lahan di sekitar Perumahan Indraprasta, Dusun Kedung Jati Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro juga kobong. Beruntung api cepat dikuasai sehingga tidak menjalar ke permukiman yang berjarak sekitar 100 meter dari titik api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Hariyanto mengatakan, kebakaran menghanguskan sekitar empat hektare lahan hutan rakyat. Kemunculan titik api terlihat warga setempat sekitar pukul 11.40.

"Lokasinya dekat dengan perumahan. Warga meminta bantuan untuk pemadaman api," ujarnya. Tim TRC BPBD Wonogiri serta relawan FPRB segera dikerahkan ke lokasi kejadian.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.00. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Penyebab kebakaran hingga saat ini belum bisa diketahui. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia