Senin, 17 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Nenek 90 Tahun Dua Kali Lolos dari Api

10 Oktober 2018, 19: 15: 59 WIB | editor : Perdana

WASPADA: Kebakaran tidak hanya menimbulkan kerugian material. Tak jarang juga menyebabkan korban jiwa maupun luka.

WASPADA: Kebakaran tidak hanya menimbulkan kerugian material. Tak jarang juga menyebabkan korban jiwa maupun luka. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Tidak mudah meloloskan diri ketika terjebak kobaran api. Apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia. Namun, mujur bagi Joyo Sarinem, 90. Warga Gang Sawo 3 Kampung Klasuran RT 02 RW 04 Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan bisa selamat. Bahkan hingga dua kali peristiwa kebakaran.

Salah satunya terjadi Senin malam (8/10). Karena lupa mematikan kayu bakar untuk memasak, dapur rumah Joyo pun ludes terbakar. “Saya tinggal sebentar ke kamar mandi. Saat keluar dari kamar mandi, api sudah membakar barang bekas di samping tungku. Itu barang-barang bekas yang saya kumpulkan di sekitar rumah untuk dijual lagi,” bebernya.

Melihat api membesar, Sarinem panik. Saat kejadian, dia bersama anaknya yang sedang tertidur. “Kaki saya gemetar. Pelan-pelan saya keluar rumah, setelah sampai kamar anak saya, dia saya gugah (bangunkan, Red). Kemudian kami keluar rumah minta tolong,” kenangnya.

Akibat kejadian tersebut, Joyo trauma berat. Apalagi, beberapa tahun lalu, rumah yang dia tempati juga hampir ludes dilalap si jago merah. Kronologinya sama, Joyo lupa mematikan tungku kayu bakar.

“Rugi bondo mboten masalah (rugi harta tidak masalah, Red), yang penting tidak ada yang terluka atau meninggal, saya sudah syukur sama Yang Maha Kuasa masih seger waras. Nanti dapur yang terbakar akan diperbaiki sama anak saya,” katanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Surakarta Gatot Sutanto menuturkan, untuk memadamkan api di rumah Joyo, pihaknya mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran (damkar).

“Kerugian materi sekitar Rp 10 juta. Kami meminta warga ekstrawaspada ketika memanfaatkan api untuk aktivitas sehari-hari,” terang dia. (mg2/atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia