Senin, 17 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Hutan Kawasan Gunung Merbabu Terbakar

12 Oktober 2018, 14: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Hutan Kawasan Gunung Merbabu Terbakar

BOYOLALI- Hutan di kawasan gunung Merbabu, terbakar tadi pagi (12/10). Api yang diduga berasal dari kawasan perladangan penduduk itu sudah merambat ke kawasan taman nasional Gunung Merbabu. 

Informasi yang diperoleh, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10. 00 WIB. Belum diketahui penyebab kebakaran ini terjadi. Hanya saja, Tiupan angin menjadikan api cepat menjalar hingga akhirnya mencapai kawasan hutan di taman nasional. 

Hembusan angin juga menyulitkan upaya pemadaman oleh relawan, warga sekitar dan TNI. Beruntung, setelah angin cukup tenang, Tim relawan berasama TNI serta Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGm) langsung berusaha melakukan pemadaman. 

Pecinta alam dari komunitas Rempala, Dwi Nur melihat kepulan asap setinggi kurang lebih 10 meter dari lereng Merbabu selatan Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel. Kobaran api pun terus merambat naik dan turun. 

“Beberapa anggota Rempala bersama warga juga sudah berusaha menuju lokasi titik kebakaran untuk melakukan pemadaman,” ujarnya. Rempala yang merupakan komunitas pecinta alam yang berada di Desa Ngagrong langsung melakukan pemadaman. 

Medan yang terjadi menjadi pemadaman dilakukan secara manual. Yakni dengan gepyok. “ Yang dibawa Cuma pacul, sabit dan tongkat serta gepyok,” imbuhnya. 

Menurutnya, dilokasi kebakaran tiupan angin begitu kencang. Kondisi ini menyebabkan api cepat merambat. Dalam kurun waktu yang tak lama, beberapa hektar lahan hangus. 

Sementara itu, Kasubag TU BTNGM Johan Setiawan membenarkan peristiwa itu. Pihaknya pun langsung berusaha melakukan pemadaman. Diperkirakan, kebakaran ini sudah masuk di kawasan hutan Taman Nasional. (wid)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia