Sabtu, 20 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Gelorakan Minat Baca Lewat Pameran Persputakaan dan Arsip

Jumat, 12 Oct 2018 15:10 | editor : Perdana

SEREMONIAL: Pembukaan pameran perpustakaan dan arsip se-Jateng di Assalam Hypermarket.

SEREMONIAL: Pembukaan pameran perpustakaan dan arsip se-Jateng di Assalam Hypermarket. (ZAIMATUL MILLAH/RADAR SOLO)

SOLO – Dinas kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan CV Netral dan Assalam Hypermarket menggelar acara Pameran Perpustakaan dan Arsip se - Jawa Tengah di pelataran Assalam Hypermarket, Kamis (11/10).

Ikut hadir Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah Budi Wibowo mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sejumlah pejabat kabupaten/kota, serta sejumlah penerbit.

“Perpustakaan sangat diperlukan sebagai upaya untuk menjamin tersedianya pelayanan bagi masyarakat. Dan demikian diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca,” ujar Budi.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Budi, Gubernur Ganjar Pranowo menuturkan, budaya membaca buku generasi muda tergerus gadget dan segala fitur-fiturnya.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membangun gerakan bersama membudayakan gemar membaca,” ujarnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Muhamad Masrofi menjelaskan, pameran yang digelar mulai 11-13 Oktober ini bertujuan memublikasikan program dan kegiatan dinas kearsipan dan perpustakaan serta menjalin dan membangun kerja sama dengan lembaga perpustakaan, penerbit dan para stakeholder.

Pameran diikuti oleh 35 dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten/kota se-Jawa Tengah, penerbit, toko buku, dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Kota Semarang.

“Jawa tengah itu kan luas, maka kita (gelar kegiatan, red) bergiliran. Sekarang di wilayah Surakarta, tahun depan kita ada di wilayah Purwokerto, Banyumas, Kendal dan juga Pekalongan. Saling bergiliran,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga di-launching Duta Baca Jawa Tengah. Pemilihan duta baca sudah dilaksanakan 21 Agustus dan terpilih Berta Kristiana yang akhirnya berhasil mendapat  gelar tersebut.

Adapun tugas pokok seorang Duta Baca Jawa Tengah yaitu mempromosikan tentang pentingnya membaca dan fungsi perpustakaan yang diharapkan dapat menjadi panutan dan juru kampanye gemar membaca. (sct/mg2/mg6/mg9/aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia