Sabtu, 20 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Dua Tahun Mangkrak, Kereta Uap Siap Diperbaiki

Jumat, 12 Oct 2018 17:45 | editor : Perdana

Dua Tahun Mangkrak, Kereta Uap Siap Diperbaiki

SOLO - Setelah dua tahun berada di Purwosari, akhirnya lokomotif kereta uap akan mendapatkan penanganan di Balai Yasa. Perbaikan ini dilakukan setelah lokomotif kereta uap ini menunggu cukup lama di stasiun Purwosari karena onderdil yang tidak ada. Lokomotif ini nantinya bakal menjadi kereta uap yang akan bergantian dengan Jaladara.

Humas Daop VI PT KAI Eko Budiyanto mengurai bahwa sebenarnya lokomotif ini sudah cukup lama berada di stasiun Purwosari. Hanya saja karena sparepart yang diperlukan untuk memperbaikinya sulit dicari akhirnya dibiarkan terlebih dahulu. Apalagi lokomotif ini berusia cukup lama, sehingga suku cadangnya sudah tidak diproduksi kembali.

"Karena suku cadangnya sudah tidak diproduksi, akhirnya harus memesan terlebih dahulu," ucapnya pada Jawapos Radar Solo (12/10).

Lokomotif dengan nomor seri D52099 ini pada Jumat pagi dibawa ke Balai Yasa Yogyakarta untuk menerima perbaikan. Pasalnya Lokomotif ini tidak bisa dikanibal dengan lokomotif lainnya. "Sebab kalaupun dikanibal sangat disayangkan karena sama-sama kereta tua. Sehingga lebih baik membuat suku cadang baru, jadi prosesnya lama. Kalaupun kanibal justru akan merusak Lokomotif lainnya," ucapnya. (vit)

(rs/vit/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia