Sabtu, 20 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Film Horor Indonesia Kembali “Bangkit”

Jumat, 12 Oct 2018 17:50 | editor : Perdana

Film Horor Indonesia Kembali “Bangkit”

SOLO – Setelah sukses bergentayangan, Film Danur kembali dengan serial yang lebih mendalam. Sosok Asih yang menjadi ikonik film Danur 1 & 2 akhirnya diangkat ke layar lebar. Film horor Indonesia kembali bangkit setelah munculnya Pengabdi Setan yang disutradarai oleh Joko Anwar. Dimana isi cerita dan artistiknya jauh dari konsep senonoh. 

Ketua Komunitas Film Kembang Gula Solo, Fany Chotimah mengungkapkan film horor Indonesia menjadi salah satu genre yang banyak digemari setelah komedi. Adanya pangsa pasar tersebut, beberapa sutradara dan produser akhirnya berbondong-bondong untuk membuat film horo. 

“Namun memang dari dekade ke dekade, film horor Indonesia mengalami perubahan. Menurut saya lebih ada kemajuan. Yang tadinya hanya mengangkat unsur cerita lokal, kemudian dibumbui dengan seksualitas di dalamnya, akhirnya saat ini secara artistik dan teknis benar-benar dipikirkan,” jelas Fany saat dihubungi Jawa Pos Radar Solo. 

Bagi Fany, kemunculan film Pengabdi Setan menjadi momen transisi dari genre film horor Indonesia itu sendiri. Beberapa film horor Indonesia juga booming di beberapa negara lain. Ini artinya jika digarap dengan serius dengan mempertimbangkan unsur-unsur yang ada, film horor Indonesia bisa bersaing. 

“Kalau di Kota Solo sendiri lebih ke local wisdom atau cerita-cerita mitosnya dan kejawen yang banyak diangkat. Karena Jawa sendiri cukup kental ya dengan ritual-ritual seperti itu. Munculnya film-film horor saat ini tentu karena bobotnya sudah bisa dipertimbangkan,” pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia