Senin, 17 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Apa Sih Asiknya Nonton Film Horor?

12 Oktober 2018, 18: 55: 59 WIB | editor : Perdana

Apa Sih Asiknya Nonton Film Horor?

SETELAH kemunculan Pengabdi Setan, deretan film horor Indonesia bermunculan dan yang sedang booming adalah film Asih. Banyaknya film horor yang tayang di bioskop, tentu membuktikan genre ini menjadi salah satu yang favorit.

Namun, kenapa ya banyak orang yang suka banget nonton film horor, padahal filmnya kan menakutkan?

Salah satu psikologi, Ria Winarti menjelaskan menurut Journal of Media Pyschology terdapat tiga faktor utama yang membuat film horor menarik ditonton. 

Pertama, rasa penasaran yang muncul akibat misteri, teror, dan elemen yang membuat orang kaget. Kedua, rasa relevansi seseorang yang menonton tersebut mencoba untuk menempatkan diri dalam situasi sesuai film dan mencoba merasakan apa yang dirasakan aktor. Dan ketiga, ketidaknyataan, ada sebagian orang yang menganggap film horor itu tidak ada di dunia nyata, sehingga tidak merasa takut yang sebenarnya. 

Baca juga: Asih, Sosok Ikonik Pada Film Danur Dibuatkan Cerita Sendiri

“Rasa takut itu bisa digolongkan menjadi dua, yaitu takut yang sebenarnya dan takut yang timbul karena secara sadar. Disisi lain, film horor ada positifnya bagi kesehatan. Beberapa diantaranya mampu melawan stress dan meningkatkan aktivitas otak,” ujar Ria. 

Film horor dianggap dapat membantu seseorang untuk mengatasi kondisi stres yang dihadapi dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, menonton film horor juga melatih pikiran seseorang untuk menjadi lebih sigap dan waspada. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia