Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Peringati Hari Perpustakaan, Ratusan Murid Dihibur Aksi Dongeng

Sabtu, 20 Oct 2018 13:35 | editor : Perdana

ANTUSIAS: Ratusan murid SDN Mojosongo VI ikuti aksi membaca buku masal.

ANTUSIAS: Ratusan murid SDN Mojosongo VI ikuti aksi membaca buku masal. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

SOLO – Merayakan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional yang jatuh pada 18 Oktober, ratusan murid SDN Mojosongo VI menggelar aksi membaca buku bersama di halaman sekolah setempat. Sebanyak 357 siswa, terdiri dari kelas 1-6, ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

Mereka membaca buku masal dengan lebih dari 600 koleksi buku yang disediakan dinas kearsipan dan perpustakaan (Disarpus) Kota Surakarta. Buku-buku tersebut dibawa oleh pihak disarpus menggunakan dua mobil perpustakaan. Sebelum membaca buku, ratusan murid dihibur aksi dongeng dari tim disarpus untuk mengobarkan semangat.

“Budaya literasi harus ditanamkan sejak dini melalui beragam media, seperti mendongeng dan membaca dan upaya kreatif lainnya. Ini sebagai bentuk dukungan upaya budaya literasi yang penting untuk membekali anak dalam menggapai cita-citanya di masa depan,” beber Kepala SDN Mojosongo VI Retno Indrati.

Menurutnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Terutama dalam menambah pengetahuan dan membiasakan siswa membaca. “Harapannya, setelah kegiatan ini anak-anak dapat lancar dan rajin membaca. Kegiatan ini perlu diteruskan dan menjadi agenda rutin,” sambungnya.

Petugas perpustakaan SDN Mojosongo VI Ayu Trisna Megawati mengungkapkan kegiatan ini direspons positif oleh para siswa. Terbukti, antusias seluruh siswa membeludak saat dua mobil perpustakaan disarpus tiba di sekolah mereka.

“Sebenarnya disarpus memiliki enam mobil perpustakaan. Namun hanya dua yang hadir di sini. Para murid senang sekali kedatangan tamu istimewa ini. Mereka sudah tidak sabar menyambut mobil perpustakaan. Mereka bahkan menerka-nerka mobil yang datang seperti apa dan membawa berapa banyak jumlah buku,” kata Ayu.

Salah seorang murid kelas 4 Sefa mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Dia memilih buku komik bergenre anime Jepang sebagai buku favorit yang dibacanya pertama kali.

“Semoga kegiatan ini bisa diadakan lebih sering. Soalnya aku senang membaca buku. Di sini bukunya banyak sekali. Aku bisa bebas memilih,” ujarnya senang. (mg10/mg14/15/aya)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia