Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Tampil Cantik Dengan Darah Sendiri

Sabtu, 20 Oct 2018 17:39 | editor : Perdana

Dokter Estetika RS Indriati Solo Baru, dr. Melok Tin, Sp.KK, M.Kes

Dokter Estetika RS Indriati Solo Baru, dr. Melok Tin, Sp.KK, M.Kes

SOLO - Beragam treatment kecantikan terus dihadirkan untuk memanjakan kebutuhan perempuan. Salah satunya dengan metode Platelet Rich Plasma (PRP), yaitu treatment menggunakan darahnya sendiri. 

Dokter Estetika RS Indriati Solo Baru, dr. Melok Tin, Sp.KK, M.Kes mengatakan metode Platelet Rich Plasma (PRP) ini adalah pengobatan estetika dengan mengambil darah dari pasien itu sendiri. Yang menjadi catatan adalah kondisi pasien harus dalam keadaan sehat. Tidak mengidap penyakit hipertensi, diabetes, atau sedang mengalami luka berat. 

"Salah satu kelebihan yang dimiliki PRP adalah kemampuannya dalam merangsang penyembuhan tulang dan jaringan lunak. Selain sudah dipraktikkan pada kasus cedera, terapi PRP juga telah diaplikasikan dalam dunia kecantikan," jelas dokter Melok kepada Jawa Pos Radar Solo. 

Sistem kerjanya pun bukan memasukkan darah segar langsung ke dalam wajah, melainkan darah dimasukkan ke mesin sentrifuhasi untuk memisahkan trombosit dengan sel darah merah itu sendiri. Nah, yang digunakan dalam PRP Treatmen adalah trombosit itu sendiri. 

"Bagian itulah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit sendiri juga mengandung protein PRP itu untuk faktor pertumbuhan. Dan sangat bisa diaplikasikan padapoermasalahan estetika," pungkasnya. 

Dokter Melok mengatakan untuk PRP Treatmen tersebut tak memerlukan waktu lama. Mulai dari pemeriksaan pasien, pengambilan darah, hingga pengaplikasian pada pasien rata-rata hanya 1 jam. 

"Bagi yang takut untuk disuntikkan langsung PRP pada wajah, bisa juga diaplikasikan dengan cara dioles, atau dijadikan cream malam. Untuk efektifitas kerja tentu cepat yang dimasukkan langsung ke titik wajah dengan cara disuntikkan," tandasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia