Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

TNI dan Warga Kompak Basmi Tikus

Sabtu, 20 Oct 2018 19:28 | editor : Perdana

BAHU MEMBAHU: TNI dan warga gropyokan tikus di Kecamatan Andong.

BAHU MEMBAHU: TNI dan warga gropyokan tikus di Kecamatan Andong. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Warga Dukuh Duwet, Desa/Kecamatan Andong, Boyolali sedikit bernapas lega. Hama tikus yang selama ini jadi musuh petani perlahan menghilang. Setelah anggota TNI dari Koramil Andong dan Kodim 0724/Boyolali, Dinas Pertanian, dan puluhan petani membasmi tikus di areal persawahan setempat, Jumat (19/10).

Awalnya, lubang-lubang sarang tikus digali. Sebagian lainnya mengisi lubang dengan air. Begitu tikus keluar, langsung dipukul dengan batang kayu. 

Batituud Koramil 15 Andong, Pelda Mujiran menjelaskan, giat ini untuk menyelamatkan areal pertanian dari ancaman hama tikus. ”Tikus-tikus memang meresahkan petani. Jika tidak segera diatasi, berpotensi menyebabkan gagal panen,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Danramil 15 Andong, Kapten Inf Iswahyudi menambahkan, luas areal pertanian di wilayah tersebut mencapai ribuan hektare. Kawasan ini memang rentan terhadap ancaman hama tikus. ”Populasi tikus di areal pertanian wilayah Kecamatan Andong cukup tinggi. Karena itu, kami lakukan gropyokan tikus untuk mengurangi populasinya,” terang Danramil.

Dia berharap dari giat ini mampu memberikan hasil optimal. Sekaligus mengurangi risiko gagal panen akibat serangan dari hama tikus yang sangat cepat perkembangbiakkannya. ”Semoga petani bisa sukses panen untuk menunjang ketahanan pangan,” imbuh Danramil. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia