Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Pro Kontra Sterilisasi Bagi Pemilik Hewan

Selasa, 23 Oct 2018 20:15 | editor : Perdana

Pro Kontra Sterilisasi Bagi Pemilik Hewan

Radarsolo.co.id - Tindakan sterilisasi tentu menjadi pilihan bagi setiap pemilik hewan peliharaan. Bagi sebagian besar menganggap sterilisasi menjadi tindakan yang menakutkan sekaligus menyiksa. Banyak orang yang berfikir sterilisasi akan merubah sikap hewan peliharaan setelah dioperasi.

Salah satu pemilik kucing, Mia Hany justru memilih mensterilisasi kucing kesayangannya. Kucing milik Mia adalah jantan. Setiap kali mengalami birahi, kucing miliknya bisa pergi seharian dan tidak mau pulang. Hal tersebut berulang kali terjadi.

“Sukanya pergi gak pulang-pulang kalau lagi birahi. Takutnya dia berhubungan dengan kucing liar yang gak dikenal. Atau melakukan itu dengan kucing yang punya pemilik juga. Takut melakukan seperti itu sembarangan,” jelas Mia.

Mia tidak merasa menyesal sudah melakukan sterilisasi kepada kucingnya. Selain untuk mengurangi nafsu birahinya, juga tidak ingin kucing miliknya tidak terkena penyakit menular. Setelah disterilkan, Mia merasa kucingnya tidak suka berkeliaran dan bertengkar dengan hewan lainnya. Selain itu, tidak merubah polanya. Bahkan diakui Mia, nafsu makannya semakin lahap. Kegiatannya sehari-hari di rumah saja.

Berbeda dengan Nur Rahmawati yang justru enggan mensterilkan peliharaan anjingnya. Hal ini dikarenakan Nur menyayangkan anjingnya yang beberapa diantaranya sudah menang perlombaan. Selain itu Nur masih merasa terlalu kasihan jika anjing peliharaanya harus merasakan tidak birahi.

Selain itu Nur sangat suka dengan anak-anak anjing. Dirinya masih belum tega jika harus kehilangan mereka atau tidak bisa melihat anak-anak anjing lagi.

“Saya paham jika memang hewan peliharaan itu beranak pinak. Konsekuensinya saya harus menyediakan tempat dan segala fasilitasnya. Beberapa diantara mereka memang saya berikan kepada orang-orang yang mau, tetapi dengan syarat mereka yang sudah berpengalaman dalam mengurus anjing peliharaan,” pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia