Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Lembutnya Tofu Menggoda Lidah

Jumat, 26 Oct 2018 20:53 | editor : Perdana

Lembutnya Tofu Menggoda Lidah

Radarsolo.co.id - Jenis tahu ternyata cukip beragam. Tak hanya sebagai bahan tahu goreng, jenis Tahu Sutra atau Tahu Jepang ini ternyata juga cocok bagi lidah wong Solo. Tahu Jelang atau yang sering disebut Tofu ini ternyata bisa diolah beragam macam masakan, salah satunya Mapo Tofu. 

Executive Chef Lorin Solo Hotel, Egi mengatakan untuk memasak Mapo Tofu tidak membutuhkan banyak waktu. Karena sifag Tofu yang sangat lembut maka masakan akan cepat saji. Karena bentuknya yang lembut dan halus, tofu hanya perlu dipotong sesuainselera tanpa harus di cuci lagi, karena lroduk tofu biasanya sudah dikemas dalam kemasan higenis. 

"Pertama tumis bawang putih dan jahe yang sudah dicincang sedikit halus. Tunggu hingga harum. Disini saya menggunakan daging sapi cincang sebagai kondimen dan tofu yang sebekumnyansudah dipotong-potong, kemudian beri kaldu agar tak gosong," jelas Chef Egi. 

Untuk kaldu, boleh menggunakan kaldu sapi maupun ayam. Setelah sedikit mendidih, Chef Egi kemudian menambahkan Hot Bean Sauce untuk memberikan rasa asam dan sedikit oedas, serta saus tomat agar rasanya lebih mantap. Karena menggunakan Hot Bean Sauce, maka kuah menjadi berwarna merah sedikit kecoklatan. 

Terakhir tambahkan gula dan sedikit garam. Untuk oenambahan garam, sebaiknya di coba terlebih dahulu rasanya, karena Hot Bean sudah mengandung rasa asin takutnya masakan akan menjadi semakin asin. 

"Terkahir teoung jagungbatau maizena sebagai pengebtalnya. Sudah makanan bisa disajikan," pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia