Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Fakta Dibalik Warna Air Kencing 

Senin, 29 Oct 2018 18:03 | editor : Perdana

Fakta Dibalik Warna Air Kencing 

Radarsolo.co.id - Air kencing ternyata memiliki banyak arti. Bahkan dari perubahan warna tersebut bisa menjadi salah satu indikator kondisi kesehatan tubuh kita. Normalnya, warna air kencing adalah kuning muda. Dokter umum, dr Indriastuti mengatakan terkadang warna urin dapat berubah sesuai kondisi tubuh. Perlu dipahami bahwa perubahan warna air kencing selain kuning muda tak selamanya menjadi tanda bahaya. 

Selain karena suatu kondisi atau penyakit tertentu, perubahan warna air seni juga dapat dipengaruhi oleh apa yang dimakan atau minum selama seharian. Perhatikan juga gejala lainnya yang mengikuti perubahan warna air kencing. Sebaiknya jika mengalami perubahan ini segera dikonsultasikan ke dokter. 

Berikut lima warna air kencing dan maknanya.

1. Kuning Tua

Warna ini bisa memberitahukan bahwa Anda sedang dehidrasi. Warna yang terlalu pekat ini karena terlalu banyak zat sisa urochrome yang larut ke urin bahkan setelah disaring oleh ginjal. 

2. Kemerahan

Biasanya mulai dari merah muda sampai merah tua. Dapat diartikan ada darah yang larut dalam air kencing. Banyak faktor yang mempengaruhi sistem kemih sehingga menyebabkan urin berwarna kemerahan, beberapa diantaranya seperti batu ginjal, infeksi kandung kemih, atau kanker. Khususnya pada pria, warna air kencing merah dapat berarti gejala kanker prostat dan pembesaran kelenjar prostat.

3. Orange

Beberapa obat dapat membuat kencing menjadi berwarna orange. Konsumsi wortel dalam jumlah banyak juga dapat merubah warna kencing Anda menjadi oranye. Untuk lebih pastinya tentu harus dikonsultasikan lagi kepada dokter.

4. Cokelat atau Hitam

Bilirubin, yang kita kenal sebagai hasil dari hemoglobin terkadang banyak menumpuk di dalam darah karena penyakit hati seperti hepatitis dan sirosis, atau bisa juga oleh karena adanya tumor atau sumbatan. Kemudian ada juga makanan yang dapat merubah warna kencing menjadi cokelat seperti kacang fava.

5. Putih Susu

Biasanya asam urat bisa menimbulkan urin berwarna putih susu. Perubahan warna ini  juga bisa terjadi dari kristalisasi fosfat akibat hormon paratiroid yang berlebih. Selain itu ketika infeksi menyerang tubuh, kadang sistem kemih bereaksi demi melawannya dengan melepaskan begitu banyak sel darah putih sehingga mengubah warna air kencing jadi seputih susu. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia