Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Hewan Menyerupai Macan Ancam Ternak Warga Tawangmangu 

Kamis, 01 Nov 2018 18:10 | editor : Perdana

Hewan Menyerupai Macan Ancam Ternak Warga Tawangmangu 

KARANGANYAR - Ancaman binatang buas diduga macan, mengintai sejumlah hewan ternak milik warga yang tinggal di lereng gunung lawu khususnya di wilayah Tawangmangu, Karanganyar. 

Hal itu diketahui setelah aparat dari Polsek Tawangmangu mendapatkan laporan dari sejumlah warga yang berada di desa Sepanjang, Tawangmangu melaporkan adanya ancaman hewan menyerupai macan yang telah memangsa hewan piaraan jenis kambing milik Karto Wagiyo (65) warga Sendang Rt.01, Rw 11, Desa Sepanjang Kec. Tawangmangu. 

Mendapati laporan tersebut akhirnya tim daei Polsek Tawangmangu langsung melakukan pengecekan dengan menerjunkan tim dari Binmas dan Unit Reskrim untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

Pejabat sementara Kapolsek Tawangmangu Iptu Ismugiyanto, saat dihubungi Radar Karanganyar membenarkan perihal adanya ancaman hewan buas menyerupai seekor macan tersebut. Dari hasil penyelidikan sementara yang di lakukan oleh jajaran Polsek. 

Ismugiyanto mengungakapkan, empat dari lima ekor kambing milik Karto Wagiyo, Kamis (31/10) pagi diketahui tewas secara mendadak, dan satu ekor lagi diduga dibawa oleh hewan buas menyerupai macan. 

"Dari hasil penyelidikan sementara yang kita lakukan mulai dari melakukan pengecekan terhadap kandang pemilik hewan dan keterangan saksi. Mereka (saksi-red) sempat melihat ada seekor hewan yang menyerupai macan membawa salah satu hewan piaraan jenis kambing untum dibawa ke hutan,"kata Kapolsek. 

Tak hanya milik Karyo Wagiyo, kejadian serupa juga dialami oleh Arjo Paimin (50) yang masih menjadi tetangga Karyo. 3 ekor kambing milik Arjo yang ditempatkan didalam kandang tepat berada di belakang rumahnya diketahui juga mati secara mengenaskan. Diduga matinya 3 ekor kambing milik Arjo, juga mendapat serangan dari hewan yang menyerupai macan tersebut. 

"Kita masih melakukan penyelidikan, karena tanahnya kering, jejak - jejak kaki hewan buas juga belum bisa kita lihat, tapi menurut keterangan sejumlah saksi, mereka ada yang melihat langsung hewan seperti macan yang masuk dan keluar kandang," jelas Kapolsek. (Rud)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia