Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Jateng

Gudang Pabrik Kopi Ludes Terbakar

Senin, 05 Nov 2018 08:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Gudang Pabrik Kopi Ludes Terbakar

PURWOKERTO - Sebuah gudang penyimpanan produk kopi kemasan, ludes terbakar, Minggu (4/11) dini hari. Gudang yang ada di Jalan Suwatio, Teluk, Purwokerto Selatan itu terbakar nyaris tak tersisa berikut isinya.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kapolsek Purwokerto Selatan AKP Subeno mengatakan, pada tengah malam lalu security yang sedang berjaga mendengar alarm gudang berbunyi. 

"Sekitar pukul 00.47, dua sekuriti PT Fstra Buana, Doyo Wiratmoko (55) dan Arif Rahman (38) mendengar bunyi alarm dari gudang yang terkunci," ujar dia kepada Radar Banyumas

Usai mendengar bunyi alarm, saksi keluar dari pos jaga yang berjarak 50 meter dari gudang. Kedua saksi, melihat ke sekitar mencari penyebab alarm berbunyi.

Namun, lantaran tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan, saksi kembali masuk ke dalam pos. Alarm yang berbunyi dimatikan oleh petugas jaga.

"Akan tetapi, beberapa saat kemudian saksi melihat ada api di atap gudang. Saksi pun langsung menghubungi anggota Polsek Purwokerto Selatan yang sedang diperbantukan berjaga di gudang itu," sebut dia.

Dengan sigap, petugas menghubungi Pos Damkar Purwokerto. Petugas pemadam kebakaran menyarankan agar semua kendaraan dikeluarkan dari dalam gudang.

"Sekira pukul 01.00, tiga armada damkar Pos Purwokerto tiba di lokasi kejadian. Namun, api begitu cepat membesar dan menyulitkan petugas," terang dia.

Karena kewalahan menjinakkan si jago merah, petugas pemadam kebakaran meminta bantuan dari pos damkar lain. Total ada tujuh armada pemadam kebakaran yang turun ke lokasi kejadian.

"Empat lainnya datang dari Pos Kemranjen, Pos Kembaran dan dua dari Pos Purbalingga," ujar Subeno.

Mengingat begitu besarnya api, petugas tak dapat menjinakkan jago merah dengan cepat. Pasalnya, barang-barang di dalam gudang mudah terbakar.

"Api berangsur bisa dipadamkan sekira pukul 04.47. Saat itu api masih menyala, namun tidak begitu besar dan baru benar-benar padam sekira pukul 13.00," ungkap dia.

Kapolsek menjelaskan, akibat kebakaran tersebut gudang berukuran 25x10 meter itu hangus terbakar. Juga tumpukan kopi dan barang lainnya di dalam gudang.

"Menurut pengakuan manager perusahaan tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 6,3 miliar. Namun, masih kami dalami lagi apa betul kerugiannya mencapai segitu atau tidak," jelas dia.

Subeno menambahkan, berdasarkan penyelidikan awal, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik.

"Tapi kami masih melakukan penyilidikan, termasuk meminta keterangan saksi dan melakukan olah TKP guna memastikan penyebab kebakaran," tandas dia. (mif/JPG/fer)

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia