Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Gabungan Elemen Gotong Royong Bersihkan Sungai Gabahan

Senin, 05 Nov 2018 18:05 | editor : Perdana

SEMANGAT: Netizen, Relawan dan aparat dari kepolisian serta TNI saat melakukan pembersihan sampah di aliran sungai Gabahan, Tasikmadu, Karanganyar. 

SEMANGAT: Netizen, Relawan dan aparat dari kepolisian serta TNI saat melakukan pembersihan sampah di aliran sungai Gabahan, Tasikmadu, Karanganyar.  (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Tumpukan sampah yang berada di dasar jembatan sungai Gabahan Kecamatan Tasikmadu meresahkan banyak pihak. Sebab, hal tersebut mencemari lingkungan dan merugikan masyarakat.  Demi mengantisipasi kerusakan lingkungan harus ada langkah tegas bagi orang yang membuang sampah sembarangan. 

Koordinator dari gerakan stop pencemaran sungai Wawan mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Relawan, TNI, dan Polri kemarin (4/11). Mereka bersama-sama melakukan gerakan bersih sungai di Kecamatan Tasikmadu. Hasilnya, memang ditemukan banyak tumpukan sampah didasar sungai. 

Dia mengatakan, masyarakat belum paham dan sering membuang sampah sembarangan di sungai. Rata-rata sampah yang mereka buang adalah sampah rumahan. ”Kita memilih jembatan Gabahan ini, karena ini merupakan salah satu aliran sungai yang ada di kota,” terang Wawan. 

Menambahkan, Pegiat komunitas di Karanganyar Heru mengatakan, sampah yang mereka bersihkan kemarin memang sengaja dibuang ke dasar jembatan. Mereka yang membuang juga masyarakat. Untuk itu, dia berharap kesadaran akan kebersihan dan semangat untuk tidak mencemari lingkungan harus digalakan. 

Pihaknya berharap pemerintah untuk dapat membuat suatu program agar mampu mengatasi sampah - sampah yang dibuang ke sungai. ”Kemarin itu sudah kita bakar sebagian, jarak semalam sampah bertambah banyak,” ucapnya. 

Heru mengaku bakal melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan tindakan tegas. Mereka yang membuang sampah di dasar jembatan harus ditindak agar tidak seenaknya.  

”Dasar jembatan ini bukan tempat sampah, kami nanti akan kerjasama dengan aparat kepolisian untuk melakukan tindakan tegas. Kalau nanti kedapatan membuang sampah, kami akan suruh orang yang membuang itu untuk mengambil kembali dan membawa pulang untuk selanjutnya dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” papar dia. (rud/yan)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia