Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Jalanan di Boyolali Bakal Mulus Tahun Depan

Selasa, 06 Nov 2018 10:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Ilustrasi perbaikan jalan di jalur lingkar utara Boyolali.

Ilustrasi perbaikan jalan di jalur lingkar utara Boyolali. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI - Kabar gembira bagi pengguna jalan Bangak-Simo dan Canden-Tanjungsari. Ujian berat saat melintasi jalan kabupaten tersebut akan segera berakhir tahun depan. Karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali saat ini sudah mulai ancang-ancang memperbaiki jalan yang rusak parah tersebut pada 2019 nanti. Perbaikan jalan itu bakal dikerjakan setelah proyek pembangunan jalan tol rampung.

Mengingat jalan aspal di jalur Canden-Tanjungsari, Kecamatan Ngemplak sepanjang 5,38 kilometer itu yang rusak parah. Saat matahari terik, debu dari jalan yang berlubang itu bertebaran kemana-mana. Bahkan pada bagian jalan yang menanjak cukup menyulitkan pengguna jalan, terutama dari arah Cepogo. Dimana pengguna jalan harus ekstra hati-hati ketika menuruni jalan tersebut. Jika tidak, pengguna jalan bisa celaka.

Sedangkan saat musim penghujan tiba, kondisi jalan bisa semakin parah. Karena banyak kubangan jalan di sejumlah titik makin besar. Bahkan ketika hujan banyak pengendara yang terperosok ke dalam lubang jalan yang tergenang air.

Kepala Bidang Bina Marga DPU PR Kabupaten Boyolali, Budi Wahyono merencanakan anggaran yang akan digelontorkan untuk perbaikan jalan. Ruas jalan raya Bangak–Simo dianggarkan sebesar Rp 7 miliar. Perbaikan jalan itu untuk meneruskan peningkatan ruas tersebut yang sebelumnya telah ditingkatkan.

“Dana untuk peningkatan jalan itu bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus, Red),” ujar Budi.

Mengingat jalan sepanjang 11,95 kilometer itu diperbaiki secara bertahap. Sekaligus untuk meneruskan perbaikan jalan dari Sambi sampai Bangak. Sedangkan untuk perbaikan jalan Canden-Tanjungsari juga berasal dari DAK 2019. Namun untuk besarannya pihaknya masih terus menggodok anggaran untuk meneruskan perbaikan tersebut.

“Tahun lalu perbaikan sudah sampai di depan RS Banyubening. Tahun depan, kita teruskan lagi hingga sampai Tanjungsari yang ketemu dengan jalan Raya Mangu-Colomadu,” imbuhnya.

Rencana perbaikan jalan raya Bangak-Simo mendapat sambutan positif masyarakat. Warga yang setiap hari melintas cukup lama merasakan kerusakan ruas jalan tersebut.

“Semoga tahun depan  jalan tersebut benar-benar terealisasi perbaikannya,” pungkas Isnaini, 24, warga Desa Canden, Kecamatan Sambi. (wid/edy)

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia