Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Serunnya Lomba Bakiak hingga Tarik Tambang di Pemkab Karanganyar

Selasa, 06 Nov 2018 11:43 | editor : Perdana

Serunnya Lomba Bakiak hingga Tarik Tambang di Pemkab Karanganyar

KARANGANYAR - Generasi milenial mungkin sudah jarang melihat olahraga tradisional seperti tarik tambang, balap egrang, balap karung maupun bakiak. Namun, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Karanganyar justru getol melestarikan olahraga tersebut. 

Lomba olahraga tradisional itu dimasukkan dalam agenda peringatan HUT ke 101 Kabupaten Karanganyar. Masing-masing OPD mengirimkan wakilnya untuk bertanding di perlombaan yang digelar di Alun-alun Karanganyar Selasa(6/11). Ada tiga macam perlombaan, yakni tarik tambang, balap karung, dan bakiak.

Keseruan terlihat saat beberapa OPD yang diwakili orang-orang yang sudah berumur melawan anak muda. Sontak, mereka tidak dapat meladeni kecepatan lawannya. Tidak jarang, mereka harus jatuh bangun menjaga kekompakan langkahnya. Keseruan juga terlihat di lomba tarik tambang. Seperti saat personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang anggotanya bertubuh gempal dengan mudah menjatuhkan lawannya dari sekretariat daerah (Setda).

Lomba tersebut juga diinisiasi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Karanganyar. Ketua FORMI Karanganyar Sumarno mengatakan, lomba olahraga tradisional yang diikuti 35 kelompok ini digelar rutin setiap peringatan HUT Kabupaten Karanganyar. Tujuannya untuk melestarikan dan mengenalkan ke generasi penerus.

"Sebelumnya perwakilan Karanganyar juga mengikuti jambore olahraga tradisional se-Jawa dan Bali di Pekalongan pekan lalu. Hasilnya kami membawa pulang 16 medali," jelasnya.

Kegiatan itu diapresiasi Bupati Juliyatmono. Dia mengajak jajarannya untuk menjaga kebugaran badan agar bisa memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Ini olahraga rekreasi. Di samping sehat, juga bisa gembira. Mari kita lestarikan bersama," jelas Juliyatmono. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia