Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Siswa MAN 1 Solo Ciptakan Robot Pencari Korban Gempa

Rabu, 07 Nov 2018 17:59 | editor : Perdana

Siswa MAN 1 Solo Ciptakan Robot Pencari Korban Gempa

SOLO – Indonesia yang terletak di antara tiga lempengan tektonik menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling berisiko mengalami bencana alam. Butuh langkah antipasi untuk mencegah terjadinya korban lebih banyak.

Berkenanan dengan hal itu, dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solo menciptakan robot pendeteksi korban bencana. Mereka adalah Amadeo Ahnaf (kelas 11 IPA 1) dan Salma Sonia Jneina Sagiri (kelas 11 IPA 2).

Keduanya membuat robot yang diberi nama The Survivor untuk membantu tim SAR dalam mencari korban yang masih hidup. Robot ini khusus untuk pencarian korban yang berada di dataran. Seperti tanah longsor dan gempa bumi.

Amadeo Ahnaf mengatakan, kelebihan robot ini mampu mengidentifikasi posisi korban yang masih hidup di lokasi bencana. The Survivor dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi suhu tubuh manusia. Sehingga kemampuannya dapat memudahkan tim SAR untuk mengevakuasi korban.

”Selama ini pencarian korban yang tertimbun tanah saat gempa masih menggunakan alat manual seperti alat berat. Dengan alat ini setidaknya bisa mempercepat pencarian korban dan mengurangi jumlah korban meninggal,” jelasnya kepada Radarsolo.co.id Rabu (7/11).

Ditambahkan, robot ini memiliki spesifikasi Ultrasonic Sensor SRF05, Adafruit AMG8833IR Thermal Camera, Compass Sensor HMC5883L, IC2560 board with Arduino Mega 2560, Standard Servo, Rover 5 Robot Chassis, dan 800mAh Li-Po Battery 12 V.

”Meski bisa membantu pencarian, namun radiusnya masih terbatas hanya tujuh meter saja. Sensor pada robot ini bisa mendeteksi suhu manusia mulai 31 sampai 40 derajat celcius,” imbuh Salma.

Mereka akan terus mengembangkan robot itu agar daya jangkau pencariannya lebih luas. Robot ini telah meraih juara ke tiga dalam Kompetisi Robotik Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia (3-4/11) di Depok. Sekaligus meraih predikat The Best Original Idea. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia