Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Dinas Pendidikan Dorong Sekolah Sediakan Armada Antar Jemput

Rabu, 07 Nov 2018 20:55 | editor : Perdana

FASILITAS BELUM MERATA: Pelajar memanfaatkan angkutan umum untuk menuju sekolah.

FASILITAS BELUM MERATA: Pelajar memanfaatkan angkutan umum untuk menuju sekolah. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Siswanto mengakui banyak pelajar di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Termasuk saat berangkat dan pulang sekolah. Kondisi tersebut disebabkan lokasi geografis dan jarak antara sekolah dan rumah yang jauh.

"Selain itu, tranportasi umum juga minim. Beda dengan yang di kota, aksesnya mudah," ungkap Siswanto, Selasa (6/11).

Meski begitu, pihaknya selalu melarang anak mengendari kendaraan ke sekolah dan mengimbau orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, atau menyewa kendaraan antar jemput secara kolektif.

"Kami minta orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah bagi yang ada di daerah pinggiran, terpencil, dan terisolasi," ujar dia. 

Bagi sekolah yang sulit mengakses transportasi umum, orang tua bisa secara kolektif menyewa kendaraan antar jemput anak. "Pihak sekolah juga bisa menginisiasi kendaraan antar jemput ini," terangnya. 

Diberitakan sebelumnya, pada hari kelima Operasi Zebra Candi, Satlantas Polres Wonogiri memberikan sanksi tilang kepada lebih dari 500 anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. 

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasat Lantas AKP Dwi Erna mengatakan, pengendara di bawah umur masuk sasaran tujuh prioritas pelanggaran lalu lintas. Di antaranya yakni penggunaan helm tidak SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan, penggunaan kendaraan bermotor oleh anak dibawah umur, menggunakan handphone pada saat mengemudi, mengemudi di bawah pengaruh narkoba atau minuman keras, melanggar batas kecepatan dan pengemudi yang melawan arus. 

"Satlantas tidak memberikan toleransi dan menindak tegas kepada anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor," tegas dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia