Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Tanamkan Budaya Cinta Kebersihan, Pelajar Ngecat Tong Sampah

Jumat, 09 Nov 2018 10:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Murid SMP Muhammadiyah 1 Simpon menggambar di tong sampah.

Murid SMP Muhammadiyah 1 Simpon menggambar di tong sampah. (DOK.PRIBADI)

SOLO – Masih dalam suasana memeringati Hari Inovasi Nasional, tujuh murid SMP Muhammadiyah 1 Simpon membuat kreasi tempat sampahdi halaman sekolah setempat, Kamis (8/11). Guru mata pelajaran Seni Budaya sekaligus pembimbing kegiatan Titik Endriana menjelaskan, peserta kreasi menggambar tempat sampah adalah murid yang dipilih oleh pihak sekolah. Hal tersebut menilik pada kemampuan menggambar anak-anak yang lebih dari teman-temannya.

“Selain untuk memeringati Hari Inovasi Nasional, kegiatan ini juga bertujuan menciptakan dan meningkatkan kreativitas anak,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Titik mengungkapkan, kegiatan ini merupakan inisiatif pihak sekolah. Alat dan media yang digunakan sudah disiapkan dari pihak sekolah. Yakni kuas, cat tembok, dan pigmen warna. Usai proses menggambar selesai, tong sampah yang sudah dikreasi dipajang di depan kelas.

Rencananya kegiatan ini akan diadakan lagi untuk menggambar tong sampah yang ada di lantai dua sekolah setempat.

“Selain untuk mengkreasikan tempat sampah agar lebih menarik, kegiatan ini juga sebagai wadah bagi murid mengembangkan bakat mereka. Terutama di bidang seni lukis,” sambungnya.

Muhammad Raihan, murid kelas IX mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Dia mendapat pengalaman baru serta tambahan wawasan. Tak hanya mempercantik tempat sampah, Raihan juga mengimbau teman-temannya selalu menjaga kebersihan.

“Saya membuat sketsa gambar terlebih dahulu menggunakan pensil. Setelah itu baru saya warnai. Gambarnya saya membuat gambar orang membuat sampah di tempat sampah dan juga gambar bumi. Supaya bumi biar bersih dan tidak ada yang membuang sampah sembarangan lagi,” beber Raihan. (mg4/mg5/aya/wa)

(rs/aya/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia