Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

SDN Cemara Dua Borong Gelar Juara Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional

Jumat, 09 Nov 2018 16:04 | editor : Perdana

BERPRESTASI: Kepala SDN Cemara Dua terima Eni Idayati terima penghargaan.

BERPRESTASI: Kepala SDN Cemara Dua terima Eni Idayati terima penghargaan.

SOLO – Berhasil menyingkirkan 540 sekolah rujukan se-Indonesia, SDN Cemara Dua memborong gelar juara semua kategori lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional 2018. Gelar whole school pun disematkan.

Kepala SD Negeri Cemara Dua Eni Idayati mengaku tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti lomba tersebut. Hanya pembuatan portofolio yang butuh perencanaan matang.

“Persiapan kurang lebih satu tahun lalu. Saya mengajak seluruh warga sekolah memberikan pelayanan terbaik untuk kemajuan sekolah,” ujar Eni kepada Jawa Pos Radar Solo.

Eni yang sudah menjabat sebagai kepala sekolah sejak setahun yang lalu mengaku tidak menjadikan lomba ini sebagai beban. Sebab, sudah menjadi kewajiban meningkatkan mutu dan pelayanan sekolah.

Pada kategori manajemen berbasis sekolah misalnya, Eni berkisah bahwa Cemara Dua sudah mempunyai struktur organisasi yang jelas. Sehingga tiap bagian fokus pada jobdesk nya masing-masing.

“Dengan demikian tidak semua tugas dibebankan kepada kepala sekolah. Tidak ada tumpang tindih. Namun, tetap di bawah tanggung jawab kepala sekolah,” terangnya.

Untuk kategori pembelajaran, sekolah bekerja sama dengan dinas terkait, perguruan tinggi, serta orang tua murid. Contohnya pada pelajaran bertema kesehatan, sekolah melibatkan peran dinas kesehatan untuk melakukan penyuluhan.

“Kami ingin menjalin hubungan lebih erat dengan orang tua siswa. Salah satu caranya adalah dengan melibatkan mereka dalam menjalankan program-program sekolah,” sambung Eni.

Ada 15 jenis ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan sarana prasarana serta dibina langsung oleh orang yang kompeten di bidangnya. Eni tidak memaksakan jika memang fasilitas di sekolah tidak mendukung. Malahan apa yang ada dioptimalkan. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia