Minggu, 18 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

KPU Tunggu Kiriman 11.975 Kotak Suara Baru

Jumat, 09 Nov 2018 16:37 | editor : Perdana

GANTI BARU: Komisioner KPU Sukoharjo Nuril Huda saat memeriksa kotak suara di gudang KPU setempat.

GANTI BARU: Komisioner KPU Sukoharjo Nuril Huda saat memeriksa kotak suara di gudang KPU setempat. (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Ketersediaan logistik sangat vital dalam pelaksanaan pemilu 2019. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sedang menunggu distribusi sebanyak 11.975 buah kotak suara dari KPU pusat.

Diperkirakan, pengiriman kotak suara mulai dilakukan akhir bulan ini secara bertahap. Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, untuk pemilu 2019, pihaknya membutuhkan kotak suara sebanyak 11.975 buah.

Kotak suara itu akan disebar di 2.395 TPS di mana masing-masing TPS akan mendapatkan lima buah kotak suara. Dibutuhkan juga kotak suara di tingkat panitia pemilih kecamatan (PPK) sebanyak 6x12 buah. 

”Kebutuhan logistik itu sudah diajukan ke KPU RI. Tinggal menunggu pengiriman,” terang Nuril kemarin (8/11).

Material kotak suara untuk pemilu tahun depan, lanjut Nuril, berbeda dibandingkan pemilu sebelumnya. Yakni menggunakan bahan transparan sekali pakai. Alias, segera dimusnahkan setelah dipakai. Hal tersebut sudah disosialisasikan ke KPU di daerah.

”Baik kotak maupun bilik suara yang akan dikirim KPU RI masih dalam wujud mentah. Artinya, nanti KPU Sukoharjo yang akan merangkai sebelum digunakan,” papar dia.

Kebutuhan logistik lainnya yakni surat suara. Pencetakan surat suara sepenuhnya menjadi kewenangan KPU RI. Pengiriman ke daerah diperkirakan cukup lama karena masih dalam tahap persiapan desain atau gambar dan dilanjutkan pencetakan.

Khusus kebutuhan logistik surat suara, KPU Sukoharjo membutuhkan persiapan lebih berkaitan dengan tenaga sortir dan lipat. Termasuk lokasi penyortiran dan pelipatan suara. 

”KPU Sukoharjo akan berkoordinasi dengan pemkab untuk memfasilitasi tempat dan yang kami sasar yakni gedung Budisasono. Di sana kami nilai layak untuk sortir dan pelipatan surat suara,” ucap dia. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia