Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Ikan Bakar Colo-Colo Khas Ternate Hadir di Solo

17 November 2018, 17: 31: 35 WIB | editor : Perdana

Koptu Saiful Ade menunjukkan ikan bakar colo-colo khas Ternate, Maluku Utara

Koptu Saiful Ade menunjukkan ikan bakar colo-colo khas Ternate, Maluku Utara

Radarsolo.co.id – Anggota Kodim 0735/ Surakarta, Kopral Satu (Koptu) Saiful Ade ini ternyata multi talenta. Bagaimana tidak, disela kegiatannya yang sibuk menjadi ajudan Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Ali Akhwan, dirinya juga masih memiliki pekerjaan lain yakni berjualan Ikan Bakar Colo-colo.

“Awalnya, disini itu tak ada makanan ikan bakar dengan bumbu khas Colo-Colo asal Ternate, Maluku Utara. Dari sinilah, kenapa kok tidak sekalian berjualan makanan ikan bakar khas Maluku Utara tersebut.” kata Saiful saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (17/11) 

Keahliannya memasak segala jenis ikan laut terasah sejak lama. Hal itu dijalani sejak berdinas beberapa tahun silam di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Berbagai olahan khas ikan laut seperti ikan cakalang, ikan kembung, ikan pari dan masih banyak lainnya dia kuasai.

Ikan bakar sambal colo-colo yang menjadi menu andalan di RM Ikan Bakar Colo-Colo Jalan RE Martadinata 160 Joyosuran, Kecamatan Jebres

Ikan bakar sambal colo-colo yang menjadi menu andalan di RM Ikan Bakar Colo-Colo Jalan RE Martadinata 160 Joyosuran, Kecamatan Jebres

Yang membuat berbeda dengan makanan olahan ikan laut di tempat lain, yakni dirinya tidak menggunakan kecap saat membakar ikan tersebut. Meski begitu, dirinya juga menyediakan kecap secara terpisah jika pembeli menginginkan.

“Memang, aroma kecap cukup lezat saat dibakar bersama ikan. Tapi, itu justru akan mematikan rasa khas ikan laut bakar itu sendiri,” ungkapnya.

Bisnis yang dijalankan bersama istrinya, Suci Kusumastuti (40) makin berkembang sejak setahun terakhir. Terbukti, dengan dibukanya cabang baru di Kawasan Jalan RE Martadinata No 160 Joyosuran, Jebres, Solo beberapa pekan terakhir.

Selain cita rasa khas dari ikan laut olahannya, juga didukung dengan sambal khas yang mereka sediakan. Ada berbagai jenis sambal yang disediakan. Namun, sebagai menu unggulan adalah sambal colo-colo asli Ternate, Maluku Utara.

“Rasanya pedas, tapi segar. Ada perasan jeruk nipis dan buah tomat muda dalam pembuatan sambal tersebut,” ungkapnya.

Meski bisnis yang dijalankannya maju secara pesat, namun Saiful tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang anggota TNI. Kebanggaannya sebagai seorang prajurit tak terkalahkan meski ditengah kesibukan mengembangkan usahanya tersebut.

“Kadang, saat tengah asyik melayani pelanggan tiba-tiba panggilan tugas datang. Tetap saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab karena saya seorang prajurit TNI,” tegas Saiful. (isw)

(rs/isw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia