Kamis, 13 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Indonesia Gagal di Piala AFF 2018, Ini Kata Mantan Kapten Timnas

22 November 2018, 19: 20: 57 WIB | editor : Perdana

Agung Setyabudi

Agung Setyabudi

SOLO - Timnas Indonesia dipastikan gagal lolos ke babak semi final Piala AFF 2018. Hasil seri (1-1) di pertandingan Filipina melawan Thailand memupus harapan skuad Garuda.

Meskipun masih punya satu pertandingan terakhir melawan Filipina, Minggu (25/11), Indonesia sudah tidak mungkin mengejar poin dua negara tersebut.

Indonesia baru mengantongi 3 poin dari hasil satu kali kemenangan atas Timor Leste (3-1), dua kali kekalahan dari Singapura (0-1) dan Thailand (4-2). Sementara Thailand dan Filipina sama-sama mengantongi 7 poin.

Mantan Kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi menilai, kegagalan itu seharusnya tidak perlu terjadi jika Indonesia punya persiapan yang matang. Dia melihat persiapan skuad asuhan Bima Sakti sangat kurang.

"Dibandingkan kontestan lain, persiapan Indonesia paling mepet. Lihat saja negara lain menggelar uji coba ke luar negeri," jelas kapten timnas Indonesia era 2000-an itu.

Dia juga melihat level permainan Evan Dimas dkk. tidak seperti saat tampil di Asian Games 2018, Agustus lalu. Di ajang Asian Games 2018, Indonesia mampu masuk ke babak 16 besar.

"Level permainanya juga berbeda ketika saat dipegang Luis Milla," terangnya.

Namun, pemain yang mengakhiri karir sepak bolanya di Persis Solo (2007) ini enggan menyalahkan pelatih maupun pemain. PSSI yang harus bertanggung jawab atas kegagalan itu. 

"Jangan salahkan pemain dan pelatih, mereka sudah berjuang. PSSI yang harus dibenahi. Mulai dari rangkap jabatan, kompetisi buruk, itu semua  pasti berimbas ke Timnas," tandasnya. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia