Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Gagal Pesta Sabu, Lima Pemuda Diciduk

05 Desember 2018, 13: 19: 14 WIB | editor : Perdana

KELAR TERI: Lima pemuda yang diamankan Polsek Serengan terkait narkoba menjalani pemeriksaan kemarin.

KELAR TERI: Lima pemuda yang diamankan Polsek Serengan terkait narkoba menjalani pemeriksaan kemarin. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Hanya ingin menambah stamina, lima pemuda warga Solo nekat mengonsumsi narkotika jenis sabu. Kelima orang ini ditangkap polisi Senin (3/12) malam saat hendak menggelar pesta sabu di salah satu rumah pelaku. 

Kelima pelaku yang ditangkap antara lain, Okky Rizka Putra, 28, warga Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Jebres; Deddi Setiawan, 27, warga Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasar Kliwon; Condro Kusfitrianto, warga Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan.

Sedangkan dua pelaku lain, Dicky Setiawan, 21, warga Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, dan Iswandi, 35, warga Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan.

Salah seorang pelaku, Okky mengatakan bahwa baru sepekan terakhir ini dirinya mengonsumsi sabu. Pekerjaan sebagai penjaga keamanan sering membuatnya lembur hingga larut malam sehingga membutuhkan tenaga ekstra. 

“Kemudian dikenalkan yang namanya sabu. Biasanya beli pahe (paket hemat). Harganya Rp 300 ribu kemudian urunan,” katanya.

Okky menambahkan, orang yang biasanya memesan adalah Condro dari seorang pengedar yang beralamat di kawasan Kecamatan Pasar Kliwon, kemudian sabu tersebut digunakan bersama-sama di rumah Iswandi.  “Sebulan ini baru dua kali mengonsumsi sabu. Ini mau yang ketiga kali, tapi ketangkap polisi,” tutur Okky.

Kapolsek Serengan Kompol Giyono menuturkan, kasus ini bermula saat pihak kepolisian mendapatkan informasi adanya transaksi narkotika di kawasan Jalan Manduro, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan. Benar saja, saat dipantau, Okky dan Deddi tiba di lokasi dan mengambil sabu.

“Setelah mengambil sabu, polisi yang sebelumnya sudah mengintai langsung membekuk pelaku. Dari hasil pengembangan sabu tersebut yang memesan Condro. Setelah itu, kita pancing agar Condro keluar. Dengan memerintahkan Okky janjian dengan Condro di kawasan Pasar Harjodaksino,” urai Giyono.

Benar saja, selang beberapa saat Condro datang. Saat itulah pelaku langsung dibekuk polisi. Setelah dilakukan pendalaman, sabu tersebut akan digunakan bersama-sama. Sedangkan untuk pelaku Dicky dan Iswandi ditangkap petugas dirumahnya masing-masing. “saat kita lakukan tes urin, mereka positif menggunakan sabu,” tutur Kapolsek.

Dari tangan para pelaku, pihak yang berwajib berhasil mengamankan Sabu Seberat 0,25 gram serta sepeda yang dinaiki pelaku saat mengambil narkoba. Para pelaku sendiri dijerat dengan pasal 114 jo 112 Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. (atn/bun)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia