Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Jumariyanto, Pengusaha Apparel Olahraga dari Wonogiri

Rasakan Banyak Manfaat JNE Loyalty Card

05 Desember 2018, 22: 11: 37 WIB | editor : Perdana

Jumariyanto, Pengusaha Apparel Olahraga dari Wonogiri

JIWA entrepreneur muncul sejak Jumariyanto masih kecil. Putra daerah Wonogiri, sebuah kabupaten di tenggara Jawa Tengah ini sejak kecil terobsesi menjadi pengusaha sukses. Benar saja, dia kini sukses jadi pengusaha pakaian olahraga Regar Sport.

Jumari merintis usaha bidang konveksi sejak 2012 sebagai reseller pakaian olahraga. Mulai dari memasarkan berbagai desain dan model pakaian olahraga, pemesanan ke vendor produksi, sampai pengiriman pesanan. Bermodalkan kemampuan marketing produk melalui website, perlahan-lahan konveksi di bawah payung usaha dagang Regar Sport yang dirintisnya berkembang. Kemajuan usaha Jumari terlihat pada 2014 ketika membangun rumah produksi bersama 12 karyawan.

Alumni Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) tahun 2003 ini meyakini, bisnis start-up yang dibangun akan menjadi besar dengan manajemen yang baik. Terbukti Regar Sport hingga Oktober 2018 sudah memiliki 420 karyawan dengan kapasitas produksi 180 lusin stel per hari. 

Jumari mengisahkan Regar Sport bukan usaha pertamannya. ”Sebelumnya saya pernah coba peruntungan binis sembako, jadi petani ketela, serta ternak bebek dan lele untuk konsumsi. Sebelum akhirnya fokus bisnis konveksi,” ujar pria 37 tahun ini.

Sekarang, sudah ada enam merek yang diproduksi. Yakni Regar Sport untuk jersey voli, Verywell untuk merek jersey sepakbola, dan baju balap/racing/sepeda merek Brakebull. Jumari juga berinovasi membuat produk hijab merek Mommy Cuz. Lalu seragam komunitas pecinta burung merek Fonix, serta Strike Up bagi para mancing mania.

Selama berbisnis konveksi, ia sangat familiar dengan ekspedisi. Mengingat sejak dibangun hingga sekarang Regar Sport tetap melayani penjualan retail maupun partai besar. Regar Sport juga bergabung JNE Loyalty Card (JLC). Banyak manfaat dari membership yang dimilikinya. Regar Sport tercatat telah memiliki puluhan ribu poin yang ditukarkan berbagai hadiah. Di antaranya handphone, peralatan kerja, dan yang lainnya.

Meskipun Regar Sport adalah konveksi dengan jumlah produksi pabrik atau banyak, tapi tetap mengutamakan pelayanan. Pelanggan dengan jumlah pembelian berapa pun bisa request desain tanpa biaya. Bagi Jumari ada tiga hal yang menjadi fokus menjalankan bisnis. Yakni kualitas produk baik, tepat waktu, dan harga bersaing. Jumari juga memperhatikan after sales service bagi pelanggan. Penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam memproduksi suatu produk.

Krisnu Wibowo, Kepala Cabang JNE Wonogiri menjelaskan, Regar Sport adalah loyal customer JNE sejak 2012. Saat Jumari masih jadi reseller. JNE sebagai mitra pengusaha terus mendukung dengan berkomitmen memberikan kualitas pelayanan terbaik. Serta melakukan langkah-langkah untuk mendorong perkembangan iklim usaha di Wonogiri. 

Hingga saat ini, JNE Wonogiri rutin menggelar pelatihan bagi para UKM. Serta bekerja sama dengan komunitas online marketplace. Memberikan materi mengenai strategi pengiriman dan manfaatnya untuk mendongkrak penjualan.

”Jumlah member JLC di Wonogiri mengalami peningkatan. Semester dua 2018, member JLC meningkat 30 persen.  Ini semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan, jaringan, maupun SDM. JNE Wonogiri telah beroperasi 24 jam dan diperkuat 30 karyawan serta 23 jaringan yang tersebar di seluruh kecamatan di Wonogiri,” tandasnya. (adv/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia