Kamis, 13 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Tinggal Satu Ruangan, Penyakit Gampang Menular

07 Desember 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Perdana

CEK FISIK: Tim dokter PMI Surakarta memeriksa kondisi kesehatan warga binaan Rutan Klas IA Surakarta kemarin.

CEK FISIK: Tim dokter PMI Surakarta memeriksa kondisi kesehatan warga binaan Rutan Klas IA Surakarta kemarin. (A.CHRISTIAN/RADAR SOLO)

SOLO – Meskipun berada di balik bui, kesehatan warga binaan tetap diperhatikan. Seperti dilakukan di Rutan Klas IA Surakarta, Kamis (6/12). Sedikitnya 200 warga binaan diperiksa oleh 15 dokter dari PMI Surakarta.

Dokter Poliklinik PMI Surakarta Ika Pratiwi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengobatan masal atas permintaan dari pihak Rutan ke PMI. “Yang diperiksa semua penyakit. Rata-rata mengalami infeksi pernapasan dalam hal ini batuk pilek, sama penyakit kulit. Mungkin awalnya cuma satu napi yang sakit. Tapi, karena belum mendapat penanganan medis, menyebar ke lainnya. Mengingat mereka tinggal dalam satu ruangan,” bebernya.

Penyakit tersebut, lanjut Ika, juga bisa disebabkan pengaruh cuaca, sehingga daya tahan tubuh melemah. Sebagai pencegahan, pola makan harus dijaga. Termasuk rajin berolahraga. Kalau ada yang sakit mungkin bisa segera berobat ke dokter rutan agar cepat tertangani,” kata dia.

Kasi Pelayanan Rutan Kelas IA Kota Surakarta Solichin menuturkan, guna selalu menjaga kesehatan penghuni rutan, pihaknya bakal menggelar kegiatan serupa secara rutin. “Tiap sebulan atau dua bulan sekali,” ucapnya.

Salah seorang tahanan Ws mengaku sudah sejak tiga hari terakhir merasa pusing. Setelah diperiksa dokter PMI Surakarta, WS hanya mengalami demam biasa. “Tadi dikasih obat dan diminta istirahat yang cukup,” pungkas dia. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia