Kamis, 13 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri
Kades Tremes Disidang Januari 2019

30 Hari Jalani Mapenaling di Rutan

07 Desember 2018, 12: 45: 59 WIB | editor : Perdana

PROSES HUKUM: Kades Tremes Agus Juair saat digelandang ke Rutan Klas II B Wonogiri. 

PROSES HUKUM: Kades Tremes Agus Juair saat digelandang ke Rutan Klas II B Wonogiri.  (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Kepala Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo nonaktif Agus Juair yang juga tersangka kasus dugaan korupsi APBDes Tremes 2016-2017 menjalani masa pengenalan lingkungan (mapenaling) di Rutan Klas II B Wonogiri selama 30 hari ke depan.

Kepala Rutan Klas IIB Wonogiri Urip Dharma Yoga melalui Kepala Satuan Pengamanan Rutan Agus Susanto mengatakan, mapenaling tersebut sesuai dengan prosedur tetap.

"Supaya tahanan atau narapidana bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kita lakukan prosedur karantina. Apakah ada penyakit yang menular dan lainnya. Biasanya 30 sampai 40 hari," ungkapnya kemarin (6/12).

Bila kurang dari masa itu tahanan bisa beradaptasi dengan lingkungan, maka dapat langsung dicampur dengan warga binaan lain kasus korupsi. Setidaknya ada empat narapidana korupsi yang saat ini menjalani hukuman di Rutan Klas IIB Wonogiri.

"Salah satunya Sutoto, mantan kepala desa Songbledek, Paranggupito. Sama-sama kepala desa dengan Agus Juair," terang Agus. 

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Dodi Budi Kelana melalui Kasi Pidsus Ismu Armando Suryono mengaku masih menunggu satu keterangan saksi ahli untuk melengkapi berkas perkara. 

"Saksi ahli untuk pengelolaan dan mekanisme anggaran negara sudah (dihadirkan, Red). Tinggal satu lagi yang ahli tentang kerugian negara," ucapnya.

Setelah berkas lengkap, segera diserahkan kepada jaksa penuntut umum untuk masuk ke tahap pra tuntutan. Ismu memprediksi Agus Juair disidangkan Januari 2019. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia