Selasa, 22 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Capaian Pajak PBB P2 Melebihi Target

12 Desember 2018, 09: 06: 38 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Bupati Klaten, Sri Mulyani didampingi Kepala BPKD, Muh. Himawan melakukan pengundian hadiah utama secara komputerisasi di Pendapa Pemkab, Selasa (11/12).

Bupati Klaten, Sri Mulyani didampingi Kepala BPKD, Muh. Himawan melakukan pengundian hadiah utama secara komputerisasi di Pendapa Pemkab, Selasa (11/12). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN - Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten menggelar gebyar hadiah bagi wajib pajak (WP). Sebagai bentuk apresiasi karena capaian pajak PBB P2 telah melebihi target. Dari target Rp 26 miliar telah tercapai Rp 26,29 miliar dengan persentase 101,12 persen.

Kepala BPKD Klaten, Muh Himawan dalam sambutannya mengatakan, gebyar hadiah ini merupakan bentuk mengapresiasi bagi wajib pajak. Karena sampai dengan jatuh tempo telah membayarkan kewajibannya. Terlebih lagi mampu meningkatkan partisipasi pembangunan dengan membayarkan pajak PBB-P2 ini. Harapannya ke depannya dapat membangun kesadaran wajib pajak untuk membayar sebelum jatuh tempo.

Kepatuhan wajib pajak melunasi pajak PBB-P2 juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Terlebih lagi raihan yang dicapai setiap tahunnya mengalami kenaikan secara signifikan. Pihaknya pun juga mengapresiasi para petugas penarik pajak yang selama ini sudah bekerja keras untuk menarik pajak.

”Realisasi pajak dari PBB-P2 dimungkinkan akan terus bertambah. Mengingat berakhirnya tahun anggaran masih hingga 31 Desember 2018. Tetap semangat rekan-rekanku para petugas penarik pajak,” kata Himawan kepada Jawa Pos Radar Solo di sela gebyar hadiah di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (11/12).

Hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor Yamaha NMAX, Honda Vario 110 cc, dan lemari es. Hadiah utama diundi di lima eks tubup, sehingga dapat terbagi merata. Pengundian dilakukan dengan sistem koputerisasi yang dikelompokan setiap eks tubup.

Sebelumnya, BPKD juga telah menyiapkan hadiah hiburan bagi wajib pajak yang sudah melunasi hingga jatuh tempo. Adapun hadiah hiburannya meliputi 26 TV LED 22 inc, 26 magic jar dan 26 DVD player. Termasuk 26 kompor gas dan 26 kipas angin yang diundi pada Sabtu (8/12) lalu

“Penarikan hadiah disaksikan notaris, kepolisan, bagian sosial, dan bagian hukum. Hadiah sepeda motor sudah on the road, tetapi pajaknya ditanggung wajib pajak yang beruntung,” tandasnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi kinerja BPKD. Termasuk kepada para WP yang sudah taat melunasi kewajibannya.

”Pendapatan daerah dari sektor pajak selama ini menjadi penyumbang terbesar PAD. Pemerintah desa menjadi ujung tombak guna mencapai target itu. Perlu saya sampaikan, kontribusi dan penerimaan dari PBB-P2 ini setiap tahunnya mengalami kenaikan signifikan,” terangnya.

Mulyani memandang kepatuhan wajib pajak dalam melunasi PBB-P2 ikut serta dalam menekankan angka kemiskinan di Klaten. Meskipun baru ada 89 desa yang lunas 100 persen PBB-P2, dirinya berharap untuk desa lainnya bisa segera melunasi. Mengingat masih ada waktu hingga akhir tahun ini.

”Keberhasilan dan kerja keras dari pemerintah desa dalam melunasi PBB-P2 tentunya didukung dari kemauan selaku wajib pajak itu sendiri. Menjadi harapan tentunya seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Klaten kedepannya bisa melunasi pajak PBB-P2 tepat waktu,” urai bupati.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia