Senin, 25 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru Permintaan Lilin Naik Drastis

15 Desember 2018, 17: 30: 59 WIB | editor : Perdana

MEMBELUDAK: Seorang pekerja tengah menyelesaikan pembuatan lilin di Dukuh/ Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali

MEMBELUDAK: Seorang pekerja tengah menyelesaikan pembuatan lilin di Dukuh/ Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 membawa berkah bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Khususnya UMKM yang bergerak di bidang pembuatan lilin. Seperti dialami UMKM lilin di Dukuh/Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali. Jelang Natal, permintaan lilin naik drastis.

Arini Khoiriah, 40, perajin lilin Desa Candi mengaku permintaan membeludak sejak awal bulan. Pesanan lilin meningkat lebih dari 100 persen dari hari biasanya. ”Kalau hari biasa, sebulan itu pesanan paling banyak 5.000 batang,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (14/12).

Nah, memasuki Desember, Arini mengaku peningkatan pesanan sudah mulai terlihat. Bahkan sampai saat ini saja, pesanan lilinya sudah mencapai 11 ribu batang. ”Jelas terasa sekali keuntungan yang kami dapat. Jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” paparnya.

Arini mengklaim lilin buatannya sudah dipesan sejumlah gereja di berbagai penjuru tanah air. Paling banyak, pesanan datang dari Kalimantan. ”Khusus pesanan dari Kalimantan, saat ini saja sampai 9.000 batang lilin,” bebernya.

Selain UMKM lilin, perajin boneka juga ketiban berkah Natal. Khususnya boneka bertema Sinterklas

Boneka Bandul bertema Natal. Bandul Santa Claus yang paling banyak diminati. ”Saya beli ratusan bandul boneka Sinterklas dari perajin langsung. Untuk dijual lagi saat perayaan Natal,” kata Siti Mahmudah, 38, warga Boyolali Kota.

Dia mengaku penjualan bandul ini meningkat dari hari-hari biasa. Baik yang dijual langsung ataupun yang dijual melalui media sosial. ”Paling banyak pembeli dari online. Seminggu bisa kirim seratusan boneka bandul Sinterklas,” imbuhnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia