Selasa, 22 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tepis Omongan Miring, PSHT Sapa Pengunjung CFD

16 Desember 2018, 21: 29: 59 WIB | editor : Perdana

Tepis Omongan Miring, PSHT Sapa Pengunjung CFD

SOLO - Tepis omongan miring soal pesilat sumbu pendek, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kota Solo menyapa sejumlah pengunjung di gelaran Solo Car Free Day (CFD), Minggu (16/12). Selain menyapa warga, aksi longmarch suga untuk mempopulerkan seni beladiri pencak silat yang belum banyak diketahui masyarakat dewasa ini. 

Ditemui disela kegiatan, Dewan Penasehat PSHT Kota Solo Devi Rahyuanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyapa seluruh mayarakat kota bengawan. Oleh sebab itu aksi longmarch sengaja dilewatkan di ruas Jl Slamet Riyadi agar makin dikenal oleh masyarakat. "Ada seribuan keluarga PSHT Solo yang ikut serta dalam aksi ini. Dengan begini PSHT akan makin dikenal oleh masyarakar, sekaligus untuk menunjukkan bahwa pesilat itu ramah dan cinta damai," jelas Devi. 

Pagi itu, ratusan pesilat berbaju hitam-hitam mulai berjalan tanpa alas kaki dari Alun-alun Utara menuju ke Jl Dr Rajiman sebelum masuk di area CFD Slamet Riyadi. Sedikitnya, 876 peserta aksu merupakan siswa yang baru saja menyelesaikan tes kenaikan tingkat. Sementara ratusan anggota lainnya merupakan keluarga besar PSHT Solo yang telah berstatus lebih tunggi dalam jenjang persilatan. Sesuai tradisi yang sudah berjalan bertahun-tahun, uji kenaikan tingkat diturup dengan aksi jalan bersama. "Kegiatan ini merupakan agenda tahunan PSHT Solo. Selain itu, juga untuk menarik minat dari masyarakat untuk mau belajar silat," jelas Devi.

Dalam aksi tersebut, pihakmya juga neyelipkan pesan untuk ikut berkontribusi dan selalu menjaga kondusivitas kota bengawan. Khususnya di tahun politik 2019 mendatang. "Tahun politik ini senuabya oanas, tapi pendekar wajib tetap dingin. Kamu sudah intruksikan 3.000 anggota  dari 35 tempat latihan di Solo Kota untuk bisa menjaga kobdusivitas dilingkungan masing-masing," tutup Devi sebelum menerunkan perjalanan menuju halaman Balaikota Solo. (ves)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia