Jumat, 22 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

1.500 Stiker Caleg DPRRI Disita

19 Desember 2018, 16: 57: 57 WIB | editor : Perdana

LANGGAR REGULASI: Ribuan stiker caleg DPRRI yang disita Bawaslu Sukoharjo.

LANGGAR REGULASI: Ribuan stiker caleg DPRRI yang disita Bawaslu Sukoharjo. (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo menyita sebanyak 1.500 stiker milik calon legislatif (caleg) DPRRI. Itu dilakukan karena ukuran stiker tidak sesuai regulasi.

Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan, sesuai peraturan KPU (PKPU), ukuran maksimal stiker adalah 5x10 sentimeter. Sedangkan stiker temuan Bawaslu berukuran 10x15 sentimeter tersebar di Kecamatan Sukoharjo, Bendosari, dan Polokarto.

”Kita tindaklanjuti informasi sekecil apapun. Ternyata adanya stiker milik caleg DPR RI itu benar. Kita temukan dan ambil karena menyalahi aturan. Kami tidak bisa sebutkan siapa caleg tersebut,” ungkapnya.

Di setiap kecamatan, lanjut Bambang, ditemukan sebanyak 500 stiker yang bakal dibagikan  ke masyarakat. Namun, belum sempat dibagikan, sudah disita. 

Di lain sisi, Bawaslu mengingatkan larangan tim kampanye atau pelaksana kampanye dari unsure aparatur sipil negara (ASN), kepala desa, direktur BUMN, BUMD, dan sebagainya.

Antisipasi juga dilakukan terkait money politics. Untuk potensi yang satu ini, Bawaslu berharap peran aktif masyarakat melapor jika mengetahui praktik politik uang. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia