Rabu, 20 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga
Djarum Foundation-Kejurkab PBSI Klaten 2018

IBC Kembali jadi Juara Umum 

31 Desember 2018, 12: 05: 59 WIB | editor : Perdana

POTENSIAL: Peserta di babak final Djarum Foundation-Kejurkab PBSI Klaten 2018 di GOR IBC.

POTENSIAL: Peserta di babak final Djarum Foundation-Kejurkab PBSI Klaten 2018 di GOR IBC. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN – Gelaran Djarum Foundation-Kejurkab PBSI Klaten 2018 semester kedua berjalan sukses. PB Inti Badminton Club (IBC) akhirnya sukses sebagai juara umum, dalam kejuaraan ini. ini seperti memperpanjang predikat mereka, setelah di semester pertama Juli lalu juga meraih hasil yang sama.

Di kejuaraan kali ini, IBC meraih tiga medali emas, dua perak dan lima perunggu. Tiga emas didapat oleh Sayna di kelas usia dini dasar putri, lalu Yaris (usia dini utama putra) dan Exsn Lintang (kelas anak putra)

Sementara itu peringkat kedua di raih oleh PB Champion, yang juga rutin berlatih di GOR IBC, yang kebetulah jadi tuan rumah kejuaraan ini. 

Di kejuaraan ini, Champion meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu. Tiga emas itu diraih oleh Athar di kelas usia dini dasar putra, lalu Bijak (usia dini madya putra) dan Naila (usia dini utama putri). Dari jumlah emas dan perak, raihan Champion sama sejatinya dengan IBC, sayang PB ini kalah dari sisi raihan perunggu.

 Sementara itu peringkat ketiga, diraih oleh PB Aquarius yang menyabet satu emas dan satu perak, disusul PB Santaso Jaya yang memperoleh satu medali emas dan dua perunggu. Sementara itu PB Bintang berada di posisi kelima dengan raihan dua medali perak dan dua perunggu.

”Saya melihat pembinaan atlet bulu tangkis kita sudah merata di sejumlah klub. Tetapi masih didominasi dua klub yakni IBC dan PB Champion. Soalnya pemain dari klub lainnya belum bisa menyangi,” jelas Ketua PBSI Klaten, Harjanto kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Lebih lanjut, Harjanto mengungkapkan, mereka yang keluar sebagai juara kali ini didominasi para atlet langganan juara. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari upaya pembinaan yang dilakukan masing-masing klub. Dirinya mencontohkan seperti IBC dan Champion yang telah melakukan pelatihan secara terprogram sehingga memperlihatkan hasilnya.

“Tapi saya prediksi pada kejurkab selanjutnya akan muncul para juara baru di setiap kelasnya. Apalagi bertambah umurnya mereka sehingga wajib untuk naik kelas. Sehingga kedepannya persaingan atlet bulu tangkis di Klaten semakin ketat terutama dari usia dasar hingga remaja,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pada kejurkab kali ini juga bertambah dua klub baru yang berpartisipasi yakni PB Pertanian dan Orbit. Meski kedua klub belum bisa berhasil meraih emas tetapi membuat kejutan dalam kejuaraan tersebut. PB Pertanian mendapatkan satu medali perak lewat pemainnya Jalu di kelas remaja putra. Sedangkan PB Orbit mendapatkan satu medali perunggu di kelas pemula putra lewat pemainnya Mahesa M.

“Tentunya dengan keberadaan klub-klub ini, harapannya bisa melahirkan para atlet yang berpotensi. Selama ini pembinaan kita hanya sampai pemula dan remaja saja selanjutnya harus ke sejumlah klub besar Indonesia. Itu yang menjadi kendala kita selama ini dalam pembinaan atlet berprestasi dari Klaten,” jelasnya.

Salah satu pertandingan seru yang ditampilkan pada laga final terdapat di kelas usia dini dasar putra. Pemain unggulan pertama PB Champion Athar dengan Arkan dari PB Bintang yang merupakan unggulan dua. PB Bintang sebenarnya telah menargetkan Arkan untuk meraih medali emas tetapi justru kalah di pertandingan pamungkas.

”Kalau saya evaluasi tadi kekalahan Arkan sendiri karena lebih ke mental saja. Sedangkan secara teknik tidak kalah jauh juga. Terlebih lagi Arkan sendiri sebelumnya telah memenangkan sejumlah kejuaraan juga,” jelas pelatih PB Bintang Totok Suhartana.

Meski hanya mendapatkan dua perak dan perunggu kedepannya, dirinya menargetkan bisa mendapatkan medali emas. Terutama datang dari Reva di kelas usia dini dasar putrid, yang hanya mampu medali perak pada kejurkab kali ini. (ren/nik)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia