Senin, 21 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Sistem Zonasi PPDB Dievaluasi

12 Januari 2019, 16: 45: 46 WIB | editor : Perdana

MEMANTAU: Salah satu siswa di Kota Solo tengah melihat pengumuman PPDB SMA.

MEMANTAU: Salah satu siswa di Kota Solo tengah melihat pengumuman PPDB SMA. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewacanakan perubahan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) zonasi tahun ini. Rencananya, peserta didik tidak perlu mendaftar ke sekolah karena sudah terdaftar sesuai zonasinya. 

Menanggapi wacana tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta, Etty Retnowati mengatakan pihaknya masih menunggu regulasi terkait sistem PPDB zonasi yang akan dilaksanakan.

”Nanti kami lihat perkembangannya. Kan belum tentu semua siswa mau mendaftar di sekolah yang sudah ditentukan. Itu kan by school, datanya dari sekolah. Apakah juga harus dipaksa? Kalau siswa yang dari luar kota seperti apa?,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo di ruang kerjanya, kemarin.

Etty mengambil contoh, siswa SDN Cemara Dua apakah harus mendaftar ke SMPN 4 semua? Melihat jarak terdekat dari SDN Cemara Dua adalah SMPN 4. Sementara masih ada sekolah dasar lain yang jaraknya juga dekat dengan SMPN 4, seperti SDN Kepatihan. Sebab, zonasi yang ditentukan berdasarkan jarak SD dengan SMP terdekat.

”Kami tunggu dulu aturannya seperti apa. Apakah aturan itu hanya untuk siswa Solo. Atau semua lulusan sekolah tersebut yang bisa masuk tanpa mendaftar karena sesuai zonasinya,” sambungnya.

Sampai saat ini, Etty mengaku pihaknya belum diajak berdiskusi terkait masalah tersebut dengan pusat. Pihaknya hanya sudah membahas tentang jarak zonasinya saja. (aya/nik)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia