Kamis, 25 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Kostum Cosplay Tembus Luar Negeri

08 Februari 2019, 18: 38: 42 WIB | editor : Perdana

PENGRAJIN COSPLAY KUDUS: David Setia Pambudi saat menyelesaikan kostum cosplay beragam model di rumahnya Desa ploso, Jati, Kudus. 

PENGRAJIN COSPLAY KUDUS: David Setia Pambudi saat menyelesaikan kostum cosplay beragam model di rumahnya Desa ploso, Jati, Kudus.  (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

KOSTUM Costume Play (Cosplay) buatan pemuda asal Kudus berhasil menembus pasar luar negeri. David Setya Pambudi dan tiga orang rekannya membanderol kostum yang dikenakan tokoh-tokoh dalam superhero dan anime itu dengan harga yang beragam. Mulai dari 300 – 800 dolar.

”Tergantung kerumitan dan modelnya. Kalau keluar negeri kisaran harga sekitar 300-800 dolar. Tapi kalau di dalam negeri lebih murah. Sekitar Rp 1,7 juta – Rp 7 juta,” katanya.

Empat pemuda yang menamai pekerjaanya sebagai workshop Anitoku ini sudah menerima pesanan kostum cosplay dari sejumlah negara. Seperti Amerika, Inggris, Finlandia, Malaysia,  Singapura, dan Brazil. Semua pesanan datang melalui medsos.

Hingga sekarang tercatat sudah ratusan kostum cosplay sudah dibuatnya. Mulai dari power ranger, baja hitam, bima x, hingga aksa ranger (super hero jepang yang sudah dimodif versi jawa).

Ditemui di kediamannya di RT 5/RW 5 Desa Ploso, Kecamatan Jati, mengaku, bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan. Seperti evafoam, kain spandek,  kain drill hingga resin. ”Kalau saya sendiri aslinya sudah mulai membikin cospalay sejak 2014. Tapi pas bareng-bareng sama teman mulai 2016,” katanya. 

Diakuinya, pembuatan kostum cosplay tidak mudah. Untuk bisa membuat ini, dia harus menimba ilmu hingga berbulan-bulan. Terkait waktu pengerjaannya juga relatif memakan waktu lama, sekitar 1-3 bulan. ”Kami paling susah kalau pas tidak ada panas matahari. Sebab tidak bisa menjemur saat pewarnaan,” imbuhnya.

Tak hanya melayani transaksi jasa pembuatan saja. Workshop Anitoku juga melayani jasa sewa kostum cosplay. Ratusan kostum sengaja disimpan untuk keperluan ini. Harga sewanya pun relatif murah. Sekitar Rp 200-250 per hari. ”Kalau untuk kostum saja ngitungnya per hari. Tapi kalau sama talent-nya hitungannya per tiga jam,” jelasnya. (daf/mal)

(rs/jpg/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia