Jumat, 19 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pengemudi Taksi Wajib Miliki Kontak Kantor Polisi

11 Februari 2019, 21: 03: 38 WIB | editor : Perdana

Pengemudi Taksi Wajib Miliki Kontak Kantor Polisi

STANDAR kedaruratan armada taksi sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 117/2018 tenteng Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek. Di antaranya, driver wajib memiliki nomor gawat darurat kepolisian terdekat.

Kasi Angkutan Orang Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Dwi Sugiarso mengatakan, permenhub tersebut menjelaskan secara detail hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk pengadaan transportasi jenis taksi.

“Pasal 7 ayat 1 menjelaskan soal model kendaraan sedan dan bukan sedan yang wajib disertai dengan tulisan taksi dan dapat dibaca dengan jelas ditempatkan di atas kendaraan dan dapat menyala. Nomor kendaraan dengan latar kuning dan tulisan hitam sebagai tanda angkutan umum, alat pemantau kerja, argometer, nama perusahaan, identitas pengemudi, radio komunikasi, call center, termasuk adanya lampu bahaya,” paparnya.

Regulasi tersebut guna memudahkan dan identifikasi kendaraan serta pengawasan. Apakah semua perusahaan taksi sudah mematuhi autran itu? Dwi memastikan untuk lampu bahaya sudah terpasang. Meskipun ada sebagian kecil taksi yang belum lengkap dengan beragam alasan teknis.

“Biasanya ditindaklanjuti dengan teguran dan surat resmi dari dinas. Dalam angkutan umum ada uji berkala, jika tidak lengkap pasti akan dikomunikasikan lebih lanjut. Ini termasuk pemakaian kaca film yang terlalu gelap untuk angkutan umum,” jelasnya.

Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menuturkan, kejahatan yang menimpa sopir taksi dapat dijadikan momentum bagi perusahaan taksi meningkatkan prosedur keselamatan. Di antaranya, tombol emergency untuk berkomunikasi dengan polisi secara cepat.

“Peran masyarakat juga diperlukan dalam keadaan seperti ini. Yakni segera melapor ke polisi saat mengetahui kondisi darurat. Sopir taksi paling tidak memiliki nomor polsek terdekat maupun polresta,” ucapnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia