Sabtu, 20 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Tetap Waspadai Luncuran Awan Panas Merapi

11 Februari 2019, 21: 33: 10 WIB | editor : Perdana

Tetap Waspadai Luncuran Awan Panas Merapi

KLATEN - Luncuran awan panas dari puncak Gunung Merapi terjadi kembali pada Senin (11/2) pagi sekitar pukul 09.00. Tetapi kejadian itu tidak menimbulkan kepanikan warga di kawasan rawan bencana (KRB) III. 

“Memang tadi ada laporan awan panas seperti yang terjadi sebelumnya. Ini kan akibat pertumbuhan kubah lava setiap harinya yang menjadikan adanya guguran. Apalagi ini memang sudah diprediksi oleh BPPTKG,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto.

Berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja, luncuran terjadi pukul 08.58. Jarak luncuran mencapai 400 meter dengan durasi 105 detik yang mengarah ke Kali Gendol, Jogja. Sedangkan untuk guguran lava pijar yang terjadi pada Senin (11/2) dari pukul 06.00-12.00 sudah terjadi 10 kali dengan status waspada.

Nur mengungkapkan, jika fenomena awan panas yang sering terjadi memang hal yang biasa sebagai tahapan menuju erupsi. Tetapi warga di KRB III tetap perlu meningkatkan kewaspadaannya. Mengingat berdasarkan pengalaman erupsi Merapi 2010 lalu awan panas melanda wilayah Desa Balerante.

“Memang kalau dari pengalaman sebelumnya awan panas pernah melanda Balerante. Saat itu dari puncak jaraknya mencapai 4,7 km. Tetapi kondisi Merapi saat ini dengan 2010 lalu tentunya jauh berbeda,” jelasnya.

Guna meningkatkan kewaspadaan warga di KRB III, selama ini BPPTKG memberikan informasi secara paralel. Baik ke BPBD Klaten dan tiga desa di atas seperti Desa Balerante, Sidorejo, dan Tegalmulyo dalam waktu bersamaan. Hal ini menjadikan informasi langsung tersampaikan dengan cepat terkait kondisi Merapi terkini.

Sementara itu, Koordinator Relawan Desa Tegalmulyo Subur menjelaskan, pasca-awan panas kondisi di sekitar lereng Merapi tetap kondusif. Pihaknya mengungkapkan, jika wilayahnya tidak terjadi hujan abu tipis. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia