Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Features

Hobi Memasak Mengantar Renata Zoraifi Menjadi Pebisnis Kuliner

11 Maret 2019, 17: 13: 45 WIB | editor : Perdana

TEKUN: Owner Pukis Badran, Renata Zoraifi.

TEKUN: Owner Pukis Badran, Renata Zoraifi.

BANYAK pelaku usaha yang menggeluti bisnis berawal dari hobi. Termasuk Renata Zoraifi. Hobinya memasak kini menghasilkan olahan kuliner yang jadi alternatif oleh-oleh khas Kota Solo.

SERAFICA GISCHA P, Solo

CUACA sedikit mendung menghantarkan kaki wartawan Jawa Pos Radar Solo berkunjung ke Pukis Badran di kawasan Kota Barat, Mangkubumen, Banjarsari, Solo, Kamis pekan lalu (7/3). Terlihat aneka jajanan pukis berjajar cantik. Ditaburi berbagai macam topping dengan warna yang menggugah selera.

Ya, inilah kedai oleh-oleh jajanan pasar milik Renata Zoraifi. Sejak dulu, dia memang hobi mengkreasi aneka menu masakan. Berbagai menu kreasinya dapat respon positif dari keluarga dan teman-temannya.

”Lalu punya ide menyalurkan hobi sekaligus bisnis. Awalnya agak bingung juga, mau bisnis kuliner apa. Akhirnya pilih bisnis kue pukis,” kata Renata kepada Jawa Pos Radar Solo.

Kue pukis sudah akrab dengan keluarga Renata. Anak dan suaminya sangat gemar makan jajanan pasar itu. Bahkan buah hatinya selalu dibawakan bekal pukis untuk sekolah. ”Dari sini saya tertantang bikin pukis yang lebih enak, sehat, tanpa bahan pengawet. Serta tetap nikmat dikonsumsi ketika pukis sudah dingin,” urai Renata.

Keberanian Renata membuka bisnis pukis tak lepas dari dukungan keluarga. Berhasil membuat pukis untuk keluarganya, dia mencoba berjualan di sebuah acara memasak. Respon masyarakat cukup bagus. Inilah yang membulatkan tekadnya bisnis pukis.

”Pukis ini saya branding sebagai oleh-oleh Kota Solo. Diproduksi dengan bahan premium dan tahan hingga tiga hari. Sudah terjamin sertifikat halal dari MUI. Packaging juga ekslusif,” tutur wakil Provinsi Jawa Tengah untuk event Trade Expo International (TEI) di ICE BSD Tangerang, tahun lalu ini.

Setiap usaha pasti berproses. Awalnya banyak cibiran datang menghampiri. Namun ketekunan dan semangatnya berbuah manis. Dia sukses berbisnis pukis empat rasa. Yakni pukis topping daging sapi, abon sapi, pukis filling gula aren, dan kurma.

”Segmen pasar saya wisatawan yang datang ke Solo. Bisa juga dibuat gift, snack acara ultah atau arisan. Bahkan juga enak buat camilan sehari-hari,” bebernya.

Do the best and God will do the rest merupakan pedoman yang selalu dipegang Renata. ”Pesan saya untuk anak-anak muda, tekuni hobi dan passion kalian. Suatu saat akan ada jalan rezeki yang membawamu pada kesuksesan,” ucapnya. (*/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia