Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Surat Suara Pemilu Ulang Nyelip

14 Maret 2019, 22: 04: 01 WIB | editor : Perdana

KELIRU: Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menunjukkan surat suara pemilu ulang di Kantor KPU, Rabu sore (13/3).

KELIRU: Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menunjukkan surat suara pemilu ulang di Kantor KPU, Rabu sore (13/3). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali menemukan ketidak sesuaian surat suara. Terdapat 50 lembar surat suara pemilu ulang yang terselip. Ditemukan saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI Dapil V Jateng di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Boyolali.

”Benar kami temukan surat suara pemilu ulang dan sudah kami sortir. Jumlahnya ada sekitar 50 lembar,” ungkap Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin kepada Jawa Pos Radar Solo di sela monitoring penyortiran dan pelipatan surat suara, Rabu (13/3).

Surat suara pemilu ulang itu langsung disortir dan dijadikan satu dengan surat suara yang rusak. KPU Boyolali akan meminta ganti ke KPU Pusat. Sesuai jumlah surat suara yang rusak.

Surat suara pemilu ulang ini didistribusikan ke setiap KPU kabupaten/kota. Per jenis surat suara, KPU kabupaten/kota memperoleh 1.000 loembar surat suara. Surat suara jenis ini disediakan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Baru akan dibuka ketika dibutuhkan dalam kondisi darurat.

”Kami belum diperkenankan membuka surat suara pemilu ulang. Nah itu ternyata terselip di sela-sela surat suara pileg DPR RI. Dapilnya sama, Jawa Tengah V. Ada tulisannya pemilu ulang,” terang Ali.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pileg DPR-RI dilakukan sejak Selasa (12/3). Di hari pertama, ditemukan 1.453 lembar surat suara rusak. ”Surat suara rusak nanti akan kami laporkan ke KPU Pusat untuk dimintakan ganti,” imbuhnya.

Kerusakan surat suara antara lain karena ada bercak tinta, cetakan memudar warnanya, kertasnya sobek, dan kerutan. ”Tidak ada kesulitan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara,” papar Ali. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia