Kamis, 21 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

26 Anak Tertular HIV/AIDS Orang Tua

15 Maret 2019, 21: 21: 42 WIB | editor : Perdana

26 Anak Tertular HIV/AIDS Orang Tua

SUKOHARJO – Penularan HIV/AIDS semakin mengkhawatirkan. Tidak hanya menjangkiti orang dewasa, tapi juga menular ke anak-anak. Di Kabupaten Sukoharjo ditemukan sebanyak 26 anak berusia 0-20 tahun mengidap HIV/AIDS yang diwariskan orang tuanya.

”Ada pula (pasien HIV/AIDS, Red) usia 20 hingga 30 tahun dan di atasnya,” terang pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati kemarin (14/3).

Untuk menjamin kesehatan anak- anak tersebut, DKK memberikan pengobatan antiretroviral (ARV) dan kartu jaminan kesehatan nasional (JKN), serta makanan tambahan.

Ditambahkan Yunia, untuk mencegah penularan HIV/AIDS, bisa dilakukan dengan cara tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah atau seks bebas. Kedua, setia pada pasangan.

”Jangan menggunakan narkoba, mewaspadai alat-alat tajam yang ditusukkan pada tubuh, mewaspadai transfusi darah, dan pastikan sudah dites HIV,” ujar dia.

Orang tua yang sudah terkena HIV/AIDS, dapat menularkan virus mematikan tersebut melalui mulut rahim. Sebab itu, Yunia kembali mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat. (yan/wa

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia