Sabtu, 20 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Features

Kopdar Pertama, Langsung Kompak

17 Maret 2019, 16: 25: 59 WIB | editor : Perdana

BERWARNA: Member Selenoid Solo menunjukkan kamera analognya.

BERWARNA: Member Selenoid Solo menunjukkan kamera analognya. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

WEEKEND dipilih member Selenoid Solo untuk saling bertemu. Kali pertama ngumpul bareng, baru pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu (9/3). Berlokasi di Keraton Kasunanan Surakarta, para member Selenoid Solo dengan percaya diri datang meski belum pernah bertatap muka sebelumnya.

Maklum, selama ini interaksi mereka hanya sebatas maya melalui akun instagram sebagai followers. Founder Selenoid Solo, Ade Rizal melihat antusias followers sangat tinggi. Tidak ada salahnya mencoba membuat forum pertemuan para follower, pikirnya.

"Saya dan beberapa teman merasa sudah saatnya ada agenda ngumpul bareng. Lalu kami membuat undangan yang di-posting di akun instagram. Kami buat forum ini terbuka. Siapapun boleh ikut dan datang," bebernya.

Karena benar-benar pertemuan pertama, Ade mengaku tidak banyak kegiatan yang dilakukan saat ngumpul bareng. Saling berkenalan satu sama lain dan yang jelas saling meminjam kamera. Beberapa member, meskipun memiliki kamera analog, masih merasa takjub melihat kamera analog lainnya. Mereka pun diperkenankan saling meminjam kamera untuk menjajal kamera analog yang diinginkan.

"Dari saling pinjam meminjam itu terjadi transfer ilmu. Saling sharing cara penggunaan kamera analog. Ini jadi pengalaman yang menyenangkan," ungkapnya.

Kalau fotografer ngumpul, tak lengkap rasanya jika tidak hunting foto. Kesempatan itu pun tidak dilewatkan para member untuk menjepret beberapa momen, arsitektur, atau human interest yang ada di kawasan Keraton Kasunanan. Jika di tengah jalan menemui kendala, para member tidak ragu untuk bertanya pada member lainnya yang sudah lebih berpengalaman.

"Kebanyakan member terkendala di teknis fotografi. Ini yang seru, karena semakin tambah ilmu tiap kali ada yang bertanya," imbuh Ade.

Apakah untuk bergabung menjadi member Selenoid Solo harus memiliki kamera analog? Ade menjawab: tidak. Siapapun yang berminat dan memiliki kegemaran tentang kamera analog bisa bergabung.

"Datang badan tok aja engga apa-apa. Kamera nanti bisa pinjam dari member lain kok," katanya.

Salah seorang member, Aditya Eko Prasetya mengaku baru menemukan suatu komunitas atau forum yang fokus terhadap kamera analog. Sebagai pecinta kamera analog, ia merasa beruntung bertemu teman baru yang memiliki kecintaan yang sama.

"Saya jadi tambah ilmu. Jadi tahu soal kamera analog, yang umurnya lebih tua dari kita. Juga jenis-jenis film yang bagus, color tone, dan lain sebagainya. Saya baru dua tahun ini tertarik kamera analog. Emang rumit sih, harus beli film dulu terus dicuci. Ya kalau hasil nya jadi. Itu yang buat saya tertarik," pungkasnya. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia